Header Ads



Dihadiri 2.000 Jemaat, Umat Muslim Terima Kursi Roda Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar

Siantar,  Dihadiri 2.000 Jemaat, Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar Tahun 2022 Cukup Meriah, yang dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Selasa (27/12/2022) Siang.

Perayaan Natal diawali prosesi yang diikuti Wali Kota Pematang Siantar, dr.Susanti Dewayani bersama panitia dan Forkopimda. Dilanjutkan penyalaan lilin Natal oleh dr Susanti, disusul Pengkhotbah, Ketua Umum Panitia, Ketua DPRD, Ketua Panitia Pelaksana, dan Forkopimda.

BACA JUGA  Rawat Keberagaman dan Toleransi, Bamagnas Siantar Kunjungi DPRD Siantar

Walikota Siantar dr Susanti, Bersma Ketua Umum Panitia Natal AKBP Fernando dan Panitia menyerahkan kursi Roda Kepada Peyandang Disabilitas. 
Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar, Pdt Jhonson Barus, M.Th dalam laporannya menjelaskan, perayaan Natal Oikumene kota Siantar diperkirakan dihadiri 2 ribu jemaat dari Denominasi gereja yang ada di kota Pematang Siantar.

Adapun yang hadir dari pihak BUMD, organisasi masyarakat (ormas) Islam, Walubi, dan dari kalangan umat Hindu. Termasuk lembaga-lembaga dari seluruh denominasi gereja yang ada di Kota Pematang Siantar.

Dijelaskan Jhonson, perayaan Natal Oikumene tersebut, turut diadakan bakti sosial. Panitia, lanjutnya, menyiapkan 13 unit kursi roda bagi kaum difabel, yang 2 diantaranya merupakan umat Muslim.

Selain itu, diserahkan 50 karung beras dan 100 paket sembako untuk warga tidak mampu.

“Sebelumnya kita juga sudah mengunjungi panti-panti asuhan dan pesantren,”kata Pdt Jhonson.

Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar yang juga Kapolres Pematang Siantar, AKBP Fernando, SIK SH mengatakan, perayaan Natal Oikumene tersebut merupakan perayaan Natal Oikumene pertama setelah pandemi Covid-19.

BACA JUGA  HUT 145 Tahun, Bamagnas Doakan Siantar Semakin Maju dan Terus Diberkati

Ketua Pelaksana Pdt Jhonson Barus, M.Th yang juga Ketua Bamagnas kota Pematang Siantar Menyerahkan secara Sibolis Beras Kepada Warga Siantar. 

AKBP Fernando mengucapkan terima kasih atas dukungan kepadanya yang sudah delapan bulan bertugas di Kota Pematang Siantar, termasuk dari para tokoh agama.

“Puji Tuhan kami dapat melaksanakan tugas dengan baik. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan pemerintah khususnya dari wali kota dan Ketua DPRD serta yang lainnya,”sebut AKBP Fernando

Dia menambahkan saat ini, Polri sedang menggelar Operasi Lilin Toba 2022 dengan tujuan pengamanan kegiatan ibadah Natal, pengamanan Natal dan Tahun Baru, serta pengamanan arus lalu-lintas dan Kamtibmas.

“Kiranya damai kasih Natal membawa harapan baru, semangat baru, dan motivasi baru bagi kita semua, dalam memajukan Kota Pematang Siantar yang kita cintai bersama,”pungkasnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga menyampaikan, inti dari Natal adalah perayaan kasih Allah, dan karena kasih Allah manusia diselamatkan. Karena itu, sebagai insan yang diselamatkan, harus  mewujudkan kasih Allah dalam kehidupan sehari-hari, dengan senantiasa hidup dalam persaudaraan yang erat dan perdamaian bagi sesama umat manusia.

BACA JUGA  Natal Sitohang Meriah, Lansia Dapat Kado, Kapolres Simalungun Diulosi

Umat Muslim juga menerima Kursi Roda saat Perayaan Natal Oikumene kota Pematang Siantar Tahun 2022. 
“Natal adalah perayaan keselamatan yang dapat dirayakan oleh siapapun dan dalam situasi apapun, karena setiap orang merindukan keselamatan dalam hidupnya. Karena itu, Natal adalah saat yang tepat memupuk cinta kasih dan toleransi. Dengan menghargai perbedaan dan menjunjung nilai-nilai toleransi serta menjaga kebersamaan, kebhinekaan, memperkuat rasa persaudaraan sesama anak bangsa, untuk memperbarui semangat pengharapan di hati kita masing-masing, mampu merefleksikan rasa kasih kesetiakawanan dan solidaritas sebagai cermin keimanan,”terangnya.

Sambungnya, Kota Pematang Siantar adalah kota yang beragam agama, suku bangsa, dan lainnya.

“Dengan kesadaran perbedaan dan keberagaman itu, mari kita senantiasa menjaga toleransi antar dan intern sesama umat agar terjalin hubungan yang harmonis di Kota Pematang Siantar,”ujarnya.

Sementara Wali Kota Pematang Siantar dr.Susanti Dewayani, Sp.A mengatakan, Desember merupakan bulan yang penuh dengan anugerah dan cinta kasih, khususnya bagi umat Kristiani. Di bulan ini, umat Kristiani memperingati atau merayakan peristiwa penting, yakni kelahiran Sang Juru Selamat Tuhan Yesus Kristus.  

BACA JUGA   Indahnya Samosir Kampung Ku, Mana Kampung mu ......

Anggota Polres Pematang Siantar dan Panitia seusai Acara Natal Oikumene kota Pematang Siantar.
Kelahiran Yesus Kristus ke dunia, katanya, memberikan cerminan Dia sangat mengasihi umat-Nya. Selain itu, ia datang ke dunia dalam wujud manusia untuk memberikan teladan.

Perayaan Natal diharapkan menjadi momentum untuk mengingat manusia harus saling mengasihi, saling menjaga, dan terus menyalakan lilin-lilin kebaikan yang memberi cahaya dalam kegelapan.

“Dengan semangat perayaan Natal, diharapkan seluruh umat Kristiani dapat meningkatkan keimanan diri, dengan tekad akan bekerja dan melaksanakan tugas lebih baik lagi,”sebut dr.Susanti.

Kata dr.Susanti, tantangan ke depan akan semakin berat. Dalam kondisi tersebut, kita tidak boleh terpecah dan terpisah. Persatuan harus semakin dipererat tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Latar belakang tidak lagi menjadi penting ketika akan menolong sesama. Dengan saling tolong-menolong, bekerja sama, dan bersinergi, maka akan bisa menghadapi segala tantangan. 

Sesuai tema perayaan Natal Oikumene, yaitu Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya melalui Jalan Lain (Matius: 2:12b), dan sub tema Dengan Berjalan Bersama, Kita Dimampukan untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat untuk Membangun Kehidupan dari Keterpurukan setelah Pandemi Covid-19 menuju Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

BACA JUGA  Tortor dan Tarian Meriahkan Natal Sekolah Minggu HKBP Mahanaim Siantar

Para Pendeta dan Pimpinan Gereja Saat memberikan berkat Perayaan natal Oikumene Kota Pematang Siantar Tahun 2022.   
“Saya berharap perayaan Natal Oikumene ini tetap mengedepankan segala kebaikan dan saling menjaga satu dengan yang lainnya. Apalagi mengingat toleransi di Kota Pematang Siantar telah terbangun baik selama ini. Tetaplah menjaga kedamaian, junjung tinggi persatuan. Semoga Natal membawa kedamaian dan kebahagiaan,” kata dr.Susanti, dan mengucapkan Selamat Hari Natal serta Selamat Menyambut Tahun Baru.

Pada kesempatan itu, turut dilakukan penyerahan kursi roda kepada kaum difabef dan penyerahan beras dan paket sembako secara simbolis. 

Hal ini merupakan pemberian dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, PLN UP3 Pematang Siantar, BCA, PT.Taspen, Vona Cafe dan lainnya.

Kemudian, dilaksanakan acara ibadah, Khotbah oleh Pdt Donald Sinaga, MA M.Ag, dan hiburan. tag/t

BACA JUGA  Hj.Susanti Dewayani : Selamat Natal Anak-anak Ku Sekalian ...


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.