Header Ads



Pesparani KATOLIK IV di Siantar Sukses, Pastor Vikep : Patut Kita Syukuri, Terimakasih Panitia

Siantar, Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) IV Kota Pematangsiantar  benar-benar meriah, 5000an umat Katolik yang hadir tampak bahagia.

Acara Pesparani Katolik dipusatkan di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar, Minggu (14/5/2023) yang dimulai ibadah Misa Ekaristik.

Pastor Vikaris Episkopal (Vikep) St Paulus Rasul Pematangsiantar, RP Fridolinus Simanjorang, OPM, CAP, menyatakan begitu antusiasnya umat Katolik yang hadir pada perayaan Pesparani IV tahun 2023 di Kota Pematangsiantar.

BACA JUGA  Bersyukur Bersama Umat Katolik di Pesparani, Rudolf V Saragih Sumbang Panitia Rp30 Juta

Pastor Vikep RP Fridolinus Simanjorang, OPM, CAP, (baju putih), Wali Kota Susanti Dewayani (5 kanan), Ketua DPRD Timbul Lingga (3 kanan) para tokoh Katolik, foto bersama disela Pesparani IV dipusatkan di Lapangan Adam Malik Kota Pematangsiantar, Minggu (14/5/2023). 
"Kegiatan kita ini sungguh luar biasa dengan dibuktikan kesaksian umat Katolik berjalan bersama, Ini patut kita syukuri bersama," katanya.

Kata Pastor Fridolinus Simanjorang lagi, pelaksanaan Pesparani di Pematangsiantar tetap lebih meriah dibanding kabupaten/kota lainnya di Sumut dan ini patut diapresiasi kepada Ketua LP3KD Pematangsiantar, Daud Simanjuntak yang sudah berjuang keras bersama panitia mensukseskan kegiatan ini.

"Semoga kegiatan Pesparani lebih besar lagi kita laksanakan. Kalau tahun ini diutus umatnya dari 10 gereja Katolik, tahun depan semua umat Gereja Katolik yang ada di Kota Pematangsiantar akan kita hadirkan,. Kita Dukunglah bapak Daud Simanjuntak ini agar terus ada wakil kita di DPRD Siantar,"pesan Pastor Simanjorang, disambut sorak sorai tepuk tangan setuju dari umat Katolik yang hadir.

BACA JUGA  BESOK, Puncak Pesparani di Siantar, "Umat Katolik yang Bersekutu"

Ibadah Misa Ekaristis Pesparani IV di Kota Pematangsiantar  
Atas kesuksesan acara, dia mengatakan terimakasih kepada Wali Kota Pematangsiantar dan Ketua DPRD yang sudah mengibahkan anggaran membantu penyelenggaraan Pesparani tahun 2023 di Pematangsiantar.

"Terimakasih banyak buat Pemko dan DPRD serta para tokoh-tokoh Katolik yang ikut berkontribusi menyukseskan acara ini, saya yakin tahun depan acara akan lebih meriah lagi," ucapnya.

Tak kalah pentingnya lagi, Pastor Vikep mengucapkan terimakasih atas partisipasi pengurus Banser NU yang dalam hal ini ikut membantu pengamanan jalannya Pesparani.

" Ini membuktikan kecintaan kerukunan umat beragama di Kota Pematangsiantar tetap terjalin dengan baik, biarlah kota Pematang Siantar menjadi contoh bagi kota lain yang hidup harmonis dengan kehidupan yang bertoleransi, sesama umat dan anak bangsa," ungkapnya.

BACA JUGA  Benda Diduga Bahan Peledak, Ini Penjelasan Kapolres Pematang Siantar

Dari Kanan - Timbul Lingga Ketua DPRD Siantar, Daud Simanjuntak (Ketua Panitia), Wakapolres  Kompol Pardamean, Walikota Siantar dr.Hj.Susanti  dan Pastor Fridolinus Simanjorang/Lintaspublik.com
Sementara itu, Wali Kota Susanti Dewayani mengapresiasi kegiatan Pesparani IV tahun 2023 di Pematangsiantar.

" Kalau saya ikuti tahun lalu, Pesparani tahun ini lebih besar dan meriah. Ini membuktikan kasih sayang Tuhan kepada kita untuk berkumpul di tanah lapang Adam Malik rayakan Pesparani umat Katolik," kata Susanti.

Ia mengungkapkan, perayaan Pesparani ini sebagai momentum untuk meningkatkan silaturahmi dan kerukunan umat beragama yang harmonis.

" Marilah kita tingkatkan keimanan kepada Tuhan untuk membangun kerukunan umat beragama, khususnya di Kota Pematangsiantar lebih baik lagi," ucap mantan Dirut RSUD Djasamen Saragih ini.

pada keempatan itu Timbul Lingga juga mengungkapkan hal yang sama, bahwa momen Pesparani ini sebagai wadah silaturahmi dan pembinaan umat.

"Pesparani adalah wadah pembinaan umat, memupuk toleransi, sehinga cinta tanah air, dan memperjuangkan nilai-nilai keberagaman dan cinta tanah air,"ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua umum panitia LP3KD Pematangsiantar, Daud Simanjuntak didampingi Witley Pakpahan, mengatakan jumlah undangan yang hadir melebihi sebagaimana yang diperkirakan.

" Begitu antusias umat Katolik hadiri Pesparani ini. Tadinya undangan kita hanya 4.500 orang, tapi yang hadir hari ini ada 5000 umat Katolik," kata Daud.Lanjut dia menerangkan, kegiatan Pesparani dapat berjalan sukses tak lepas berkat kerja keras seluruh panitia.

" Saya sangat mengapresiasi seluruh panitia yang sudah bekerja semaksimal mungkin menyukseskan acara Pesparani IV tahun 2023 di Kota Pematangsiantar," pungkasnya. 

Daud Simanjuntak tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada umat Katolik yang telah hadir dan merayakan Pesparani.

"Kita 100 persen Katolik, Kita 100 persen Indonesia, terimakasih kepada semua umat Katolik yang merayakan Pesparani mari kita pupuk kebersamaan dan saling mengasihi satu sama lain, Cinta Tuhan, Cinta Agama dan Cinta Nusa dan Bangsa,"ujarnya.

Tanda Kasih Rp30 Juta

Rudolf V Saragih mewakili Tokoh Katolik dari Pusat Jakarta dalam sambutannya mengatakan,  Pesparani bukan sekedar rutinitas paduan suara, namun menjadi momen untuk menguatkan persekutuan dan bersatu, saling menjaga dan saling melindungi dalam keberagaman.

“Umat Katolik diharapkan semakin memiliki kepedulian dan menjadi contoh yang bermanfaat bagi sesama. Umat Katolik di Siantar harus menjadi panutan dalam menjaga toleransi, mengambil peran dalam mendukung Pemko Siantar mewujudkan pembangunan terutama dalam mengentaskan kemiskinan, Dan hari ini kami bisa bersyukur bersama umat Katolik merayakan Pesparani di Siantar,” ujar Ayah Beatrix Saragih yang langsung memberikan sumbansih dana Rp30 juta kepada panitia.

     .

 Amran Hotman Saragih Humas panitia menambahkan, seusai perayaan Pesparani, sebagai bagian tradisi katolik selesai acara semua panitia dan umat membersihkan lapangan Adam Malik dari sampah sehingga kondisi lapangan kembali bersih.

"Yah ini bagian tradisi kita, panitia, dan semua umat Katolik yang merayakan Pesparani tetap menjaga kebersihan lapangan Adam Malik. Ini bagian dari "rumah Kita" makanya harus kita tinggalkan benar-benar bersih," ucap Amran memperlihatkan lapangan Haji Adam Malik sudah benar-benar bersih dari sampah seusai perayaan Pesparani.

Hadir pada kegiatan Pesparani diantaranya, Wali Kota dr Susanti Dewayani, Ketua DPRD Timbul Lingga, Wakapolres Kompol Pardamean. Tokoh Katolik diantaranya Rudolf Saragih, Jhon Hugo Silalahi, Parlindungan Purba, Para Parokus P.Kusmaryadi, SCJ, P.Marianus Kedang, P.Karolus Sembiring, OFMCap, P.Markus Manurung, OFMCap, beserta undangan umat Katolik Pematangsiantar termasuk Orang Muda Katolik (OMK). tag/t

BACA JUGA  Perkara Narkoba Anggota DPRD Tanjung Balai Dilimpahkan ke Kejari Medan


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.