Header Ads



Arti dan Filosofi Tugu SITOHANG

Catatan : Tagor Leo Sitohang, SH - Samosir

Tugu Kebanggaan Marga Sitohang yang berada di desa Urat Palipi , Kabupaten Samosir, lokasi ini lebih dikenal dengan Bonature, telah sukses di revitalisasi, dan acara syukuran dilaksanakan pada, Minggu (10/12/2022).

BACA JUGA  Dihadiri Ribuan Pomparan, Bupati Samosir : Tugu Sitohang Bangkitkan Ekonomi di Samosir

Arti dan Filosofi Tugu SITOHANG
Acara syukuran Tugu Sitohang dihadiri sekaligus meresmikan dengan penguntingan Pita dan Penandataganan prasati oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST bersama dengan Ketua Umum PSB Sitohang Ir.Mudaman Sitohang ketua Revitalisasi Janto Sitohang,S.Kom, Sekjen Ir. Tua Sitohang, dan Pembina PSB Irjen Pol. (P) Ricky HP Sitohang, SH, MH.

Tugu marga Sitohang sebagai simbol persatuan seluruh keturunan marga Sitohang didirikan di Bonature Palipi Samosir dan diresmikan pada tahun 1991. Tugu ini berdiri di dekat situs budaya Batak toba jabi-jabi maranak. Dalam bahasa Batak Toba tugu ini dinamai Tugu Pomparan Oppu Raja Pangaribuan Sitohang.

Tugu SITOHANG di Urat Pulau Samosir

Pembangunan tugu ini dimulai dengan peletakan batu pertama tanggal 12 Agustus 1989. Tugu ini dibangun di atas sebidang tanah berukuran 50x75 meter yang diwakafkan oleh beberapa orang keturunan Ompu Pangaribuan Sitohang. Adapun dana yang dikumpulkan dari tok tok ripe (sumbangan) keturunan marga Sitohang di seluruh Indonesia saat awal pembangunan berjumlah Rp. 10.626.975.

Pembangunan fisik tahap pertama selesai tahun 1991. Peresmian tugu ini Pesta Peresmian Tugu pada tanggal 5-7 Juli 1991. Dalam upacara peresmian tugu ini digelar pesta adat dengan diiringi gondang sobangunan dan mengundang hula-hula marga Limbong dan Manurung serta hahadoli Situmorang.

Boru Limbong adalah isteri dari Oppu Raja Pangaribuan, sedangkan boru Manurung adalah isteri Raja Babiat, anak satu-satunya Oppu Raja Pangaribuan.

Tugu sudah berdiri tegak dan megah, demikian pada malam hari terlihat sinar gemerlap lampu dilokasi Tugu Sitohang, ini tidak terlepas kerja keras Direktur utama PT.Raja Tua, Janto Sitohang,S.Kom, yang memberikan hati serta pikiran sehingga dapat memberikan yang terbaik pada proses revitalisasi tugu Sitohang.

Dan saat ini semua pomparan Oppu Raja Pangaribuan Sitohang seluruh Dunia bersyukur Tugu Sitohang bertambah megah dan kokoh, demikianlah pomparannya (keturunan) Sitohang bertambah sukses dalam kehidupannya, Horas Ma Tu Sude marga Sitohang.

Anduhur pidong toba sirubaruba pidong harangan, halak na padot mangula ido na bosur manganArtinya : Manusia yang rajin bekerja akan menuai kesuksesan. Horas Sude Sitohang!!?.(*)

 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.