Header Ads



Terungkap, Jasa Bengkel Penyumbang PAD Terbesar di Siantar

Siantar, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kota Pematangsiantar laksanakan Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan dengan Bentuk Stadium General  di Ball Room Lantai 6 Hotel Sapadia Kota Pematangsiantar, Sabtu (04/05/2024).

Dihadiri Wali Kota Siantar dr Susanti PMKRI Laksanakan Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan dengan Bentuk Stadium General/ist
Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan Kewirausahaan menjadi salah satu jalan yang diambil oleh kalangan anak muda dewasa ini. Diharapkan para pelaku UMKM di Kota Pematangsiantar yang telah naik kelas dan sudah go international, dapat menyangga destinasi super prioritas wisata Danau Toba.

Hal ini disampaikan  dr Susanti Dewayani SpA  dihadapan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM RI Muhammad Riza Damanik PhD IPU.

Pada kesempatan itu dr Susanti juga menjelaskan, Kota Pematangsiantar terdiri dari 8 kecamatan, 53 kelurahan, dan ada sekitar 270 ribu penduduk yang lebih dari 50 persen adalah anak-anak muda.

Dikota Siantar sektor barang dan jasa memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) terbanyak dan cukup tinggi, seperti bengkel sepeda motor (kereta), bengkel mobil, dan sebagainya.

"Seperti kita ketahui bersama, Kota Pematangsiantar merupakan daerah penyangga destinasi super prioritas wisata Danau Toba. Ada 8 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, dan satu-satunya kota penyangga destinasi nasional adalah Kota Pematangsiantar," jelas dr Susanti, bahwa Siantar berada di tengah-tengah Kabupaten Simalungun.

Ketua PMKRI Kota Pematangsianțar Maruli Sihombing memaparkan, agar pemuda saat ini yang tahan mental, kreatif, dan inovatif. Sangat dibutuhkan karakter, berani untuk berubah, dan berani untuk berkarya, khususnya dalam mewujudkan kesuksesan menuju Indonesia Emas 2045.

Maruli menngungkapkan, jumlah wirausaha sangat sedikit, hanya sekitar 3 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Padahal untuk menjadi negara maju, dibutuhkan 12-14 persen wirausaha dari Indonesia. 

"Jadi negara ini masih membutuhkan banyak sekali anak muda seperti kita yang hadir hari ini untuk berwirausaha dan membangun sebuah bisnis." ungkapnya

Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan tersebut juga dihadiri Sekda Kota Pematangsiantar Junedi A Sitanggang SSTP MSi, Staf Ahli Wali Kota Drs Daniel H Siregar, dan beberapa pimpinan OPD seperti Kadis PUTR Sofian Purba SSos dan Kadis Kominfo Johannes Sihombing SSTP MSi. (red/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.