Header Ads



16 Siswa SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Lulus PTN Jalur SNBP, Ini Kata Siswanya

Siantar, sebanyak 16 Siswa/i SMA Swasta Teladan Pematangsiantar Lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari jalur prestasi atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024.

BACA JUGA  SMA Teladan Semakin Unggul, Ini Faktanya

Sangkot Sitohang,S.SI.,M.Pd Kepala Sekolah SMA Teladan Pematangsiantar bersama ke 16 Siswa Lulus PTN Jalur SNBP/ist

Ini membuktikan, bahwa siswa-siswi  SMA Swasta Teladan Pematangsiantar unggul dalam bidang pendidikan, sehingga dapat melulus keperguruan tinggi setiap tahunnya.

Ditemui disekolah itu, siswa SMA Teladan, Sabrina Siahaan duduk di kelas XII PIS sangat senang ketika namanya diterima lulus di Politeknik Negeri Jakarta jurusan managemen bisnis. 

"Sejak Ayahnya meninggal dunia tahun 2019 lalu, perjuangan hidup harus dilanjutkan bersama ibu sebagai tulang punggung keluarga," kata Sabrina, bahwa dia harus tinggal di rumah keluarga (tante) untuk meringankan biaya orang tua.

BACA JUGA  Wujudkan Merdeka Belajar, Talenta Muda di Pesta Rondang Bittang SMA Teladan Pematang Siantar

Cerita Sabrina, dia harus tinggal di rumah tantenya yang beralamat di Parluasan. Dengan tinggal di rumah tantenya, ia harus berpisah dari ibunya yang tinggal di Jakarta, karena harus bekerja di satu usaha Katering.

"Ibu tinggal di Jakarta bersama adek disana, Karena ibu sebagai tulang punggung keluarga, dan membiayai saya di Siantar," terangnya.

Mengenai kelulusannya di Jakarta, Sabrina bangga dapat mengenyam pendidikan di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar dan suasana nyaman. 

'Sangat senang sekolah disini, guru-guru sangat baik dan sabar mengajar, demikian juga suasana sekolah yang nyaman dan teman-teman yang sudah seperti keluarga," kata Sabrina yang meraih juara II umum disekolahnya.

Walau jauh dari ibunya, Sabrina tidak merasa sedih dan kesepian, bahkan dirinya aktif sebagai pengurus OSIS.

"Sebenarnya sudah kaget sama ibu, untuk menghibur kesepian saya aktif di kepengurusan OSIS," ungkapnya, bahwa dirinya sering tampil disekolah saat Pesta Rondang Bittang, dan 27 Agustusan, bahkan sering sebagai fotografer saat ada kegiatan disekolah.

BACA JUGA  Bawakan Lagu Sigulempong, Siswa SMA Teladan Raih Juara I Tingkat Sumatera Utara

Pada kesempatan itu Sabrina berpesan kepada Juniornya, agar tetap disiplin dan rajin belajar.

"Pastinya sekolah SMA Teladan Pematang Siantar mengajarkan kita Disiplin, dan jangan lupa Berdoa pada Tuhan sehingga cita-cita kita dapat tercapai nantinya. terima kasih bapak ibu guru yang telah memberikan ilmunya, pembinaannya, serta pendidikan karakter untuk kami," ujar Sabrina, bahwa dirinya sering mewawancarai teman-temannya yang juara, seperti seorang wartawan untuk memotivasi kawan-kawan lainnya.

Ditempat yang sama, Andika Sinaga siswa kelas XII IPA2 SMA Swasta Teladan Pematangsiantar, yang lulus di ITK (Institut Teknologi Kalimantan) Jurusan Teknik Perkapalan di Kalimantan

"Saat saya dinyatakan lulus, saya langsung telepon ibu, bahwa saya lulus teknik perkapalan di Kalimantan, ibu rela walaupun saya harus merantau nantinya untuk merah cita-cita," ungkap Andika, yang telah lama ditinggal oleh ayahnya ini.

"Andai bapak masih ada, saya akan peluk bapak saya, karena saya sangat senang sekali kelulusan saya ini," katanya mengenang orang tuanya itu, dan lingkungan sekolahlah membuatnya dirinya termotivasi dan semangat belajar.

"Intinya, saya termotivasi disekolah SMA Telada Pematangsiantar ini, bapak ibu guru tidak ada membeda-bedakan disekolah ini. Walaupun saya sudah tidak punya bapak, tapi bapak guru sekolah ini menganggap saya anaknya, sehinga saya semangat belajar," ungkap Andika..

Ditemui dilokasi sekolah, Kepala sekolah SMA Swasta Teladan Pematangsiantar, Sangkot Sitohang, S.SI.,M.Pd menjelaskan, bahwa  kelulusan siswa-siswinya adalah buah kerja keras anak didiknya dalam belajar dan bimbingan guru.

"Ini buah kesabaran dan kedisiplinan siswa dalam belajar, dan mereka (siswa) tetap bersemangat menempuh cita-citanya,” ucap Sangkot agar para siswa tidak lupa untuk berdoa kepada Tuhan, Rabu (27/3/2024) di jalan Singosari no.3 Pematangsiantar.

Kepala sekolah yang selalu akrab dengan siswa itu berpesan, agar di Universitas dimana anak didiknya belajar, agar tetap menerapkan disiplin.

"Tetaplah disiplin kepada nak didik kami alumni dari SMA Teladan Pematangsiantar dimanapun nanti berkuliah. Raih prestasi sebanyak-banyaknya, sehingga nama sekolah dan guru tetap terukir nantinya atas raihan prestasi itu," kata Sangkot Sitohang.

Masih kata Sangkot Sitohang, SMA Teladan Pematangsiantar tetap mengutamakan Keteladan dalam meraih ilmu, Disiplindan mangasa kemampuan yang dimiliki siswa (life skill). 

"Karena itu orang tua tidak usah ragu menyekolahkan anaknya di SMA Teladan Pematangsiantar," terangnya, bahwa sekolah itu memiliki sanggar keterampilan siswa Seni dan kebudayaan, musik, Laboratorium, dan Sekolah Pancasila.  (tag/t)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.