Header Ads



Wujudkan Merdeka Belajar, Talenta Muda di Pesta Rondang Bittang SMA Teladan Pematang Siantar

Siantar, Luar biasa keren pertunjukan Pesta Rondang Bittang yang dilaksanakan di  SMA Swasta Teladan Pematang Siantar. Walau masih kelas 10 siswa-siswi ini sudah mempertunjukan pentas hiburan yang cukup profesional, mulai bernyanyi. puisi, drama, menari, dan bahkan peragaan Fashion show.

BACA JUGA  Pakai Bulang dan Gotong Simalungun, SMA Teladan Pematang Siantar Ucapkan Ulang Tahun Presiden Jokowi ke 62

Siswa SMA Teladan Pematang Siantar menyambut Tamu Kehormatan
Kesemuanya pertunjukan siswa-siswi itu berthemakan budaya Simalungun "Rondang Bintang" mengambarkan  pesta adat Batak Simalungun yang menggambarkan ungkapan bentuk rasa syukur atas panen raya.

Hal pertunjukan seni dan budaya itupun diapresiasi Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Wilayah VI, Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MAP.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka yaitu siswa diajari tentang kearifan lokal dan pelaksanaan Pesta Rondang Bittang ini sangat tepat agar Anak  - anak mencintai budaya Simalungun dan melestarikannya. Ini menunjukkan kita sangat menghargai warisan leluhur kita,”kata Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MAP saat didaulat memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Pesta Rondang Bittang tersebut, Rabu (21/6/2023) di komplek SMA Swasta Teladan jalan Singosari kota Pematang Siantar.

Kata Ramadhan, hanya beberapa sekolah di Wilayah 6 (Siantar – Simalungun) yang mengadakan kegiatan seperti ini dan pihaknya sangat mengapresiasi SMA Swasta Teladan Siantar yang telah mengimplementasikan kurikulum mengajar dengan baik dan bisa dikatakan tuntas.

Siswa SMA Teladan Pematang Siantar yang melaksanakan Pesta rondang Bittang/ist
Dia juga mengajak semua pihak agar bertanggung jawab dalam mewujudkan generasi emas 2045.

“Tidak hanya kepala sekolah atau bapak ibu guru yang bertanggung jawab dalam mewujudkan generasi emas 2045 tapi semua lapisan masyarakat harus terlibat, sehingga masa depan Anak – anak didik terarah, apalagi peran orang tua sangatlah penting dalam membina karakter mereka, apalagi di saat anak lagi masa – masa pertumbuhan atau puber,”ujarnya.

Dengan kurikulum merdeka, lanjutnya, maka guru tidak lagi menjadi sosok yang menakutkan seperti zaman dulu, tapi sosok guru harus menjadi sosok yang menyenangkan dan dapat memotivasi para siswa.

Kacabdis Pendidikan memuji penampilan tarian, puisi dan persemahan lagu – lagu Simalungun yang dibawakan para pelajar dengan begitu kreatif dan menarik.

Para Guru SMA Teladan Pematang Siantar Bersama Orang Tua Siswa/ist
Ramadhan pun berharap agar para siswa/i SMA Swasta Teladan Siantar kelak dapat meraih cita – cita yang diharapkan, apakah mau jadi Bupati, Wali Kota, DPR, Kontraktor, Pengusaha atau Guru dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Swasta Teladan Siantar, Sangkot Sitohang, MPd, mengucapkan terimakasih atas kesediaan waktu Kacabdis Pendidikan Wilayah VI, Drs. Ramadhan Zuhri Bintang, MAP untuk memberikan motovasi bagi para pelajar dan guru SMA Swasta Teladan Siantar dan sekaligus membuka Pesta Rondang Bittang yang keseluruhan kegiatannya diprakarsai oleh para pelajar khususnya Kelas X.

Kata Sangkot, sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan implementasi kurikulum merdeka seperti mengadakan “suara demokrasi”, diamana Anak – anak didik diajari cara memilih pemimpin atau Ketua OSIS yang caranya atau langkah – langkahnya tidak jauh beda dengan pemilihan umum.

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya juga telah mengadakan pelatihan “kewirausahaan”, sehingga setelah tamat sekolah nantinya, anak didik bisa berwirausaha dengan pngetahuan dan keterampilan yang telah diajari di sekolah.

Dan terakhir, yaitu Pesta Rondang Bittang yang diadakan hari ini.

“Anak didik kita ajari untuk mencintai kearifan lokal yang budaya Simalungun dan melestarikannya. Karena kita tinggal di Tanah Simalungun maka kita harus ikut mencintai budaya Simalungun dan ikut melestarikannya,”ujar Sitohang, sambil mengucapkan terimakasih kepada para panita, para guru, pegawai dan khususnya anak didik yang mensukseskan acara Pesta Rondang Bittang ini.

Tak luput, Sangkot juga mengucapkan terimaksih atas adanya dukungan para orang tua siswa/i, sehingga semua kegiatan yang diadakan pihak sekolah berjalan dengan baik dan lancar.

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan salah seorang orang tua siswa, Riana Magdalena Saragih.

Riana mengaku bangga dan senang menyekolahkan anaknya di SMA Swasta Teladan karena anaknya diajari berinovasi dan kreatif serta memahami akan pentingnya mencitai kearifan lokal.

Dia pun berharap agar SMA Swasta Teladan Siantar dapat semakin dicintai masyarakat dan menjadi panutan.

Wujudkan Merdeka Belajar, Talenta Muda Pesta Rondang Bittang di SMA Teladan Pematang Siantar
Sebelumnya, Gideon Saragih, salah seorang siswa SMA Swasta Teladan Siantar yang dipercaya sebagai Ketua Panitia Pesta Rondang Bittang menjelaskan, bahwa kegiatan Pesta Rondang Bittang diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, persembahan tarian Simalungun, persembahan lagu – lagu Simalungun, Fashion Show Pakaian Adat Simalungun, Persembahan Puisi dan penampilan drama yang menceritakan asal – usul Simalungun dan juga masakan makanan khas Simalungun.  

“Tujuan Pesta Rondang Bittang ini agar kita mencintai budaya Simalungun dan juga melestarikannya. Dan semua kegiatan yang kita tampilkan diperlombakan sehingga masing – masing kelas berlomba menjadi yang terbaik,”ujarnya saat melaporkan kegiatan.

   

Dia juga berterimakasih atas dukungan dari Kepala Sekolah, para Guru, Pegawai dan juga rekannya sesama siswa yang berpartisipasi penuh mensukseskan acara Pesta Rondang Bittang ini.

Seusai Pertunjukan Pesta Rondang Bittang SMA Teladan Pematang Siantar, St. Apul Situmorang SPd, MM, Kordinator Pengawas SMA Kota Pematang Siantar didampingi Mangihut Situmorang, MPd Pengawas Manajerial menyampaikan, bahwa pertunjukan yang dilakukan siswa-siswi SMA Teladan adalah contoh bagi generasi bangsa yang cinta tanah air dan cinta budaya.

"Pentas Rondang Bittang ini mempertunjukan rasa cinta terhadap budaya bangsa, ini contoh yang baik bagi sekolah-sekolah lainnya,"kata Apul Situmorang.

Apul juga menambahkan, dengan adanya Pentas Rondang Bittang ini, kreatifitas siswa dapat terus digali.

"Pentas Seni Budaya ini adalah tempat menumbuh kembangkan kratifitas siswa, mengasa talenta-talenta muda sebagai wujud projek penguatan profile pelajar Pancasila. Hal ini harus terus dilakukan dan ditingkatkan,"ucap Apul Situmorang yang meyaksikan pagelaran itu dari awal sampai akhir.

Pantauan media ini, acara Pesta Rondang Bittang berjalan lancar dan sukses. Para siswa/i dan guru tampak antusias dan bersemangat mensukseskan acara tersebut. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.