Header Ads



Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kota Siantar Diskusi Bersama Rekan Media dan Rekrut 5.572 KPPS

Siantar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar, menggelar coffee morning dan diskusi peningkatan peran media untuk mensukseskan Pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, di Dano Café & Resto Jalan Parapat, Rabu (6/12). Diskusi tersebut diikuti para awak media cetak, online, radio dan televisi.

Dalam diskusi itu dijelaskan, bahwa perlengkapan Pemilu tahun 2024, yakni bilik suara, kotak suara dan surat suara sudah diterima KPU Kota Pematang Siantar. 

Ketua KPU Kota Pematang Siantar Muhammad Isman Hutabarat, mengatakan perlengkapan tersebut disimpan di Gudang Jalan Parapat dan Jalan Medan. 

Dia didampingi empat komisioner Chucha Ashari, Dedy Rahman Harahap, Nurbaiyah Siregar dan Roy Marsen Simarmata. 

"Ada dua gudang penyimpanan, supaya pengerjaan pelipatan dan pendistribusian ke kecamatan, lalu dikirim ke kelurahan-kelurahan lebih efisien, mudah terjangkau dan lebih cepat," katanya. 

Diinformasikan, bilik suara sebanyak 3.184 unit dan kotak suara sebanyak 3.996 unit, sedangkan surat suara untuk DPR RI, DPRD Sumatera Utara dan DPRD Pematang Siantar sebanyak 1.249 kotak. 

Saat ini kata Isman, KPU Pematang Siantar masih menunggu beberapa logistik lain, seperti surat suara Pilpres dan DPD.

Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Kota Siantar Nurbaiyah Siregar SH menjelaskan, pertemuan dengan awak media untuk menindaklanjuti hubungan kemitraan yang sudah terjalin baik selama ini. KPU menyadari pentingnya peran media dalam mensukseskan Pemilu.

"Media menjadi corong penyelenggara untuk menginformasikan tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan KPU kepada masyarakat. Tanpa bantuan rekan rekan media, pelaksanaan Pemilu di Kota Siantar tidak akan berjalan lancar dan mensukseskan tahapan Pemilu,” jelasnya.

Roy Marsen Simarmata selaku koordinator divisi hukum dan pengawasan, mengajak awak media untuk sama sama melakukan pengawasan demi terwujudnya pemilu yang bersih.

“Kegiatan ini merupakan bukti komitmen KPU Kota Siantar yang selalu tetap menjalin kerjasama dengan media sebagai mitra strategis.Selain bukti komitmen kegiatan diskusi ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menyukseskan Pemilu 2024,” ujarnya. 

Rekrut 5.572 KPPS

KPU Kota Pematang Siantar akan merekrut 5.572 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 797 tempat pemungutan suara(TPS) pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.  Pendaftaran akan dibuka tanggal 11 hingga 20 Desember 2023. Sementara masa kerjanya sebulan yakni 25 Januari hingga 25 Februari 2024.Untuk data pemilih Kota Siantar pada Pemilu 2024, tercatat 202.206 pemilih. (tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.