Header Ads



Wakil Bupati Simalungun Rapat Pengendalian Inflasi Daerah, Memastikan Harga Pangan Terkendali

Simalungun, Bupati Simalungun di wakili Wakil Bupati H Zonny Waldi bersama tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menghadiri rapat koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) TPID Kabupaten Simalungun.

Rakor ini berlangsung di ruang rapat Bank Indonesia cabang Pematangsiantar, Sumut, Rabu.(06/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati membacakan arahan tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. 

Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja dalam upaya mensejahterakan Masyarakat.

Hal ini terwujud dengan meningkat nya pelayanan publik yang saat ini Kabupaten Simalungun berada pada penilaian zona hijau, dan penurunan angka Stunting serta inflasi yang tetap terjaga. 

"Pemkab Simalungun juga menyambut baik Rapat koordinasi lintas sektoral ini dalam menyambut perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru),"kata Wakil.

Wakil Bupati berharap rapat tersebut dapat merancang dan menyepakati pola dan aksi tindakan dalam menjaga ketersedian pasokan dan stabilitasi harga dan Kelancaran arus transportasi. 

Kepada seluruh tim dan Instansi vertikal serta perangkat daerah, Wakil Bupati juga berharap agar melakukan langkah-langkah strategis responsif dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi dan permasalahan yang muncul dalam menyambut Nataru.

Disamping itu, agar pro aktif dalam menjaga pasokan, harga, dan distribusi bahan pokok, serta menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam suasana Nataru

"Harapan saya semoga pelaksanaan hari besar keagamaan Nasional Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat terlaksana dengan kondusif aman dan nyaman di kabupaten Simalungun,"kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Deputi kepala Perwakilan BI Cabang Pematangsiantar, Abdul Haris menyampaikan, perkembangan Inflasi IHK yang terkendali tidak terlepas dari sinergi kebijakan yang semakin erat antara pemerintah pusat dan daerah.

Disampaikan Abdul Haris, BI serta berbagai mitra strategis terus berupaya dalam menurunkan laju inflasi, melalui penguatan program gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP) di daerah.

Dalam Rakor tersebut, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung menjelaskan tentang peran Polres Simalungun dalam pengendalian inflasi di kabupaten Simalungun.

"Polres Simalungun memastikan ketersediaan pasokan aman dan jalur distribusi tidak terhambat, dan mendorong peningkatan kerjasama antar daerah (KAD),"kata Kapolres.

"Dan memastikan adanya efektifitas dan efisien dalam distribusi pangan dari daerah sentra produksi ke daerah pemasaran,"imbuh kapolres .

Langkah langkah yang Polri ambil dalam memastikan ketersedian pangan dan harga terkendali, dengan melakukan monitoring lapangan, menghimbau para pelaku usaha. 

Turut menyampaikan paparan yakni dari BPS, Perum Bulog, Kajari, Dishub dan PT Pertamina.

Rakor tersebut juga dihadiri antara lain, Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kajari diwakili Kasih Datun Yosep Antonius Manis, Kasdim 0207/Sml Mayor Inf Margana, sejumlah Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Simalungun, TPID Simalungun serta undangan lainnya. (tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.