Header Ads



Panen Padi di Kelurahan BP Nauli, Ini Instruksi Walikota Siantar

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menginstruksikan agar meningkatkan produktivitas padi melalui ketersediaan benih, harga terjangkau, dan dapat memberikan keuntungan yang wajar bagi petani. Sehingga petani tetap bergairah meningkatkan produksi pertaniannya.

dr Susanti Panen Padi di Kelurahan BP Nauli, Instruksikan Tingkatkan Produktivitas 
Hal itu disampaikan dr Susanti dalam sambutannya di acara Panen Bersama, di Jalan Bahkora Bawah, Dusun Suka Selamat, Kelurahan BP Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Senin (08/05/2023) pagi.

dr Susanti mengutarakan, untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah melakukan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan produksi padi di Kota Pematang Siantar dengan memanfaatkan teknologi, seperti penggunaan varietas unggul baru. 

" Untuk mendukung kemandirian pangan tersebut, maka dilibatkan seluruh komponen masyarakat," tutur mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar ini. 

Seperti diketahui, lanjutnya, sektor pertanian di Kota Pematang Siantar sesungguhnya memiliki potensi yang cukup besar, dengan luas sawah 1.314,5 hektare. 

"Serta didukung sumber daya alam yang memadai, akan kita manfaatkan secara optimal," tukas wali kota perempuan pertama di Kota Pematang Siantar itu. 

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemko Pematang Siantar Legianto P Manurung melaporkan, Pemko Pematang Siantar pada tahun 2023 mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bantuan benih unggul bersertifikat kepada kelompok tani di Kota Pematang Siantar, yakni bantuan benih padi bersumber dari dana APBD Pemko Pematang Siantar sebanyak 7.500 kilogram atau setara dengan luas pertanaman sebanyak 300 hektare.

Kemudian, sambungnya, bantuan benih padi dari sumber dana APBN melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 12.500 kilogram, atau setara dengan luas pertanaman 500 hektare. 

"Serta bantuan benih kacang tanah sumber dana APBD Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara sebanyak 640 kilogram, setara dengan luas pertanaman 700 hektare," terangnya.

Ditambahkan Legianto Manurung, di lokasi yang dilakukan panen bersama, telah dilaksanakan pengubinan, bersama pihak BPS Kota Pematang Siantar. Hasilnya, produksi padi per hektare (produktivitas) sebesar 10,4 ton. 

"Hal ini dinilai sudah cukup baik. Kiranya dapat ditingkatkan ke depannya dengan menerapkan paket teknologi yang lebih baik lagi," pungkasnya. 

Selain panen padi bersama, kegiatan ini juga diisi dengan menyerahkan bantuan benih padi unggul bersertifikat secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani penerima.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar Teuku Munandar, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pematang Siantar Zulfan SP, perwakilan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut, perwakilan Kapolres Pematang Siantar, Camat Siantar Marihat Henri G Purba, perwakilan Dandim 0207/Simalungun, dan sejumlah pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.