Header Ads



17 April Roybertus Simbolon Junior Akan Lahir, PSBI Doakan Jadi Jenderal

Samosir, Pada Kamis (13/4/2023), Serka Anumerta Roybertus Simbolon dimakamkan dikampung halamannya, persis dibelakang rumah orangtuanya.

Dalam tradisi secara turun-temurun di kawasan Sitaotao, Samosir, anak pertama dimakamkan di kampung halaman dekat rumah orang tua.

BACA JUGA  Jenazah Serka Anumerta Roybertus Simbolon Korban Penembakan KKB Papua, Tiba di Kabupaten Samosir

Pemakaman Serka Anumerta Roybertus Simbolon Dimakamkan secara Kemeliteran/ist KLIK VIDIONYA
Serka Anumerta Roybertus Simbolon adalah putra pertama pasangan Jimat Hugo Simbolon (56) dan Tiomas Naibaho (53).

Keluarga almarhum yang juga mantan gurunya semasa SMA Santo Mikhael Pangururan Frayben Nadeak (53) mengutarakan soal adat atau tradisi yang berlaku di Dusun III Sitaotao, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Toba.

"Dalam tradisi kita, anak pertama adalah pemilik rumah orangtuanya. Kalau ada dua rumah orang tua, pemilik yang satu lagi adalah milik anak bungsu. Dalam tradisi kita, putra pertama harus dimakamkan di dekat rumah orangtuanya," ujar Frayben Nadeak, Kamis (13/4/2023).

"Maka, itulah yang mendasari mengapa keluarga meminta agar Serka Anumerta Roybertus Simbolon dimakamkan di kampung halamannya, dekat rumah orangtuanya," sambungnya.

 BACA JUGA  Istri SERTU Roybertus Simbolon Akan Melahirkan Anak Pertama, DPP PSBI Heningkan Cipta

 Inspektur Divisi Infanteri 1/ Kostrad Brigjen TNI Agus Firman Yusmono menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Orangtua Serka Anumerta Roybertus Simbolon

Roybertus Simbolon Junior Didoakan Jadi Jenderal

Ketua Departemen Sosial DPP Punguan Simbolon Dohot Boruna (PSBI) Corry Simbolon ditemui disela acara pemakaman mengatakan,  almarhum Roybertus Simbolon seharusnya dimakamkan di taman makam pahlawan. Namun, istri meminta agar jasad almarhum dimakamkan di kampung halamannya di Sitaotao, Samosir.

“Yah seharusnya almarhum seharusnya di Taman Makam Pahlawan, karena permintaan keluarga khususnya istri almarhum akhirnya kebanggan kami Marga Simbolon, Roybertus Simbolon sebagai Kesuma Bangsa Pahlawan kesatuan NKRI diminta dimakamkan di tanah kelahirannya di Sitaotao,” kata Corry Simbolon, meminta agar Tanah Papua menjadi tepat yang Damai.

"Sudah cukuplah adek kami ini Roybertus Simbolon menjadi korban terakhir, kami harapkan tanah Papua menjadi tanah yang damai, dan saling mengasihi,"ucapnya.

Saat mengucapkan sambutannya, Corry Simbolon meminta Doa semua keluarga, khsususnya keluarga besar TNI untuk mendoakan istri almarhum Merlita Silalahi yang akan melahirkan anak pertamanya.

"Kita Doakan agar istri tercinta Serka Anumerta Roybertus Simbolon yang akan melahirkan anak pertama pada 17 April nanti dalam keadaan sehat, dan persalinannya lancar. Kami (Simbolon) bersama keluarga TNI siap mendampingi dan memberikan semangat untuk istrinya, menurut dokter anaknya yang akan lahii adalah laki-laki, atau Roybertus Simbolon junior,"ungkap Corry, seraya berdoa agar kelak anaknya bisa lebih hebat dari bapaknya.

"Kita doakan Roybertus Simbolon junior akan menjadi Jenderal nantinya, lebih hebat dari pangkat bapaknya. Sehingga pengorbanan papanya akan terus bersemayam untuk NKRI,"ujar Corry yang didengar ribuan warga Samosir yang memadati acara itu. tag/t

BACA JUGA  Serka Anumerta Robertus Simbolon Gugur, KSAD Dudung: TNI AD Kehilangan Prajurit Terbaik


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.