Header Ads



Tokoh Batak ini Pulang Kampung, Rudolf Valentino Saragih Vice Presiden Bank BTN

Siantar, Karir  Rudolf Valentino Saragih tokoh Batak yang karirnya cukup cemerlang di bank BTN, jabatan terakhirnya sebagai senior Vice Presiden Bank BTN. 

Pria asal Simalungun ini orang tuanya berasal dari Haranggaol Simalungun, dia (Rudolf) telah 20 tahun berkarir di bank milik pemerintah itu.

BACA JUGA  "Terminal" Bus Paradep Resahkan Warga Sampai Ke Polda Sumut, Ini Faktanya

 Rudolf Valentino Saragih KLIK VIDIONYA
"Pengalaman saya sudah cukup banyak, mulai staf biasa sapai yang  terakhir sebagai senior Vice Presiden Bank BTN,"Kata Rudolf  Valentino Saragih lahir di Medan, 10 April 1967. 

Rudolf menjelaskan, bahwa pendidikannya mulai dari TK sampai perguruan Tinggi berada di Medan.

"Mulai TK, sampai tamat dan menjadi Sarjana Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU), dan tepatnya di jurusan Fakultas Akuntansi. Bapak saya sebenarnya menginginkan saya jadi Akuntan, tapi akhirnya saya jalan Tuhan saya "dibawa" jadi bankir,"cerita Rudolf Saragih kepada awak media, Senin (13/3/2023) di Pollisco Cafe jalan Marimbun kota Pematang Siantar.

Rudolf  adalah putra sari Djabudin Saragih, seorang Sintua Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang berkampung halaman di Haranggaol, Kabupaten Simalungun.

Adapun ibunya adalah Lydia Girsang, asal Seribudolok, Kabupaten Simalungun.

“Saya berkiprah di BTN melalui rekrutmen ODP setelah tiga tahun bekerja di kantor akuntan publik. Saya mulai kerja sebagai staf dan membawa saya melanglang buana ke berbagai kota, terutama di Pulau Kalimantan dan Jawa,” kata Rudolf.

Rudolf mengaku sepanjang 20 tahun bekerja di Bank BTN, banyak ilmu dan tantangan yang ia hadapi. Mulai dari beberapa kali rencana Bank BTN akan di-merger dengan Bank BTN lain sampai dengan tantangan krisis global yang mengancam keselamatan bank-bank internasional dan tanah air.

Bekerja di Bank yang terkenal memberikan kucuran pembiayaan ke developer membuat Rudolf banyak dikenal oleh kalangan pengusaha. Kebetulan Rudolf internal memang dikenal sebagai karyawan yang potensial, dengan beberapa kali mengikuti kepelatihan luar negeri.

“Saya gemar ketemu siapa saja, sampai banyak developer kenal sama saya. Sinergitas perusahaan dengan para developer ini tentu meningkatkan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Suami Margaretha MS Sembiring ini menyampaikan, di penghujung kariernya sebagai pimpinan bankir, dirinya merasa sangat bersyukur. Sejumlah pencapaian pribadi dan perusahaan mampu diwujudkan.

“Saya meniti karier dari bawah, dari staf. Kemudian jadi kepala cabang dan beberapa project manager. Saya melihat betul kesulitan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam hal kebutuhan rumah. Dari situ saya di Bank merumuskan bagaimana mewujudkan ini ke mereka,” katanya.

Rudolf mengaku dirinya dan teman-teman di Bank BTN sangat memahami bagaimana developer membutuhkan uang untuk membangun rumah-rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Belum lagi, kesulitan memiliki rumah juga masih dialami pegawai BTM sendiri.

“Kita kan fokus ke Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Jadi bagaimana kami memberikan pembiayaan dengan tetap mempertahankan kualitas kredit. Ini kita lakukan. Makanya, saya pribadi, ada lebih 100 kali menelurkan developer-developer dari nol,” katanya.

Menjelang akhir pengabdiannya di Bank BTN, Rudolf pun berharap masih bisa memberi manfaat dengan masyarakat. Saat ini dia lebih sering ke Simalungun lantaran ada kegiatan filantropi yang dijalankan bersama beberapa rekan pribadi.

“Sekarang saya lebih sering ke Simalungun. Seminggu dua kali hampir. Kebetulan anak saya satu-satunya udah kerja di perusahaan Amerika di Jakarta. Tinggal saya bagaimana ingin lebih melayani kepada masyarakat. Urusan dunia saya sudah cukup. Yang Pastinya kawan-kawan tetap mendorong saya,” ungkap Rudolf, bahwa pertemuan itu dirinya ditemani rekan-rekan sekolahnya, tokoh masyarakat dan Pemuda Simalungun, para pendeta, dan warga Siantar-Simalungun yang memadati pertemuan itu. 

Profil 

Nama : Rudolf Valentino Saragih

Jabatan : Senior Vice Presiden Bank BTN

Tempat dan Tanggal Lahir : Medan, 10 April 1967

Orangtua 

 - St Djabudin Saragih.

 - Korbini Lydia Girsang.

Pendidikan : Program Doktor Ilmu Hukum UKI Jakarta (Berlangsung sampai sekarang)

Agama : Katolik 

Istri : dr Margaretha MS Sembiring Meliala

Anak : Beatrix Theodor Valentia Saragih, S.T-B.Eng, kelahiran 24 April 2000. tag/t

BACA JUGA  Sosok Marulak Oloan Halomoan Napitupulu, Sintua yang Meninggal Saat Pelayanan di HKBP Sidorame


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.