Header Ads



Warga Siantar Minta Polisi Patroli Pagi Dini Hari, Bankom Garuda Usulkan Pengunaan HT Diberbanyak

Siantar, Guna mendengar dan menerima keluhan, aspirasi masyarakat terkait Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kapolres Pematang Siantar yang diwakili Wakapolres Kompol Ismawansa SIK MH melaksanakan Jumat Curhat yang dilaksanakan di Cokroaminoto Simpang Jalan Palangkaraya Kelurahan Pahlawan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar Sunatera Utara, Jumat (20/1/2023) dimulai jam 09.30 Wib.


Wakapolres Terima Curhatan Warga Kelurahan Pahlawan Kecamatan Siantar Timur
Kapolsek Siantar Timur Iptu J. Harnok Purba dalam sambutannya mengatakan Jumat Curhat merupakan aktifitas rutin yang dilakukan di wilayah Siantar Timur dimana hal ini merupakam intruksi dari Kapolri yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.
Camat Siantar Timur Masa Rahmat Zebua SE dalam sambutannya mengatakan selamat datang di Siantar Timur khususnya Kelurahan Pahlawan. Suatu kegembiraan dan suka cita kami dimana pimpinan hadir langsung di tengah - tengah masyrakat khususnya di Kelurahan Pahlawan ini,"Ujarnya.

Dikatakan untuk wilayah Siantar Timur pada umumnya Kamtibmas masih dalam keadaan baik,"Selamat datang di wilayag Siantar Timur,"ujarnya.

Sementara itu Danramil Siantar Timur Kapten Suheri dalam sambutannya mengatakan secara keseluruhan wilayah masuh kondusif. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat bisa memberikan masukan - masukan kepada Wakapolres dan kalau bisa kegiatan ini sering dilakukan," ujarnya.

Wakapolres Pematang Siantar Kompol Ismawansa dalan arahan dan bimbingannya mengatakan kegiatan Jumat Cuthat merupakan program Kapolri untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat lain dan juga menerima curhatan dan masukan dari masyarakt setempat.

Wakapolres juga menjelaskan bahwa pesan curhatan pertama adalah narkoba yang sudah sangat luar biasa karena sudah menyentuh lapisan masyarakat mulai dari anak - anak sampai orang dewasa.


Joni Monang Siregar Usulkan Pemakaian Handy Talky untuk memaksimalkan Komunikasi Warga. 
Kenapa narkoba susah diberantas? Karena pabriknya bukan di kita melainkan diluar negeri.Jadi kalau pabriknya ngga ditutup mana mungkin diberantas. Itulah kendalanya,"ujarnya.

Dijelaskan, 80  persen pelaku narkoba yang ditangkap merupakan  residivis,"Jadi dalam pemberantasan narkoba ini kami mohon peran kita semua,"ujarnya seraya mengatakan agar keluarga dan masyarakat diawasi. Tolong masyarakat kita diawasi,"ujarnya.

Pesan kamtibmas kedua yaitu kenakalan remaja yakni terkait genk motor. Wakapolres berpesan agar orang tua mengawasi anaknya dalam memakai sepeda motor.

Dan pesan curhat ketiga adalah pelaku pencabulan remaja.,"ini menjadi perhatian kita bersama,"ujarnya. 

Yang keempat adalah pencurian, untuk itu masyarakat diimbau untuk bersama sama mengawasi dan menjaga wilayahnya.

Terkait Covid 19 Wakapolres menjelaskan bahwa Covid 19 masih ada,"Untuk itu masyarakat diimbau untuk trtap menggunakan masker dan mengikuti vaksin,"ujarnya.

Terkait disiplin anggota Polri, Wakapolres berpesan untuk melaporkan jika ada anggota yang bertindak arogan.

Lebih lanjut terkait pelaksanaan Formula 1 speed boat, wakapolres mengajak masyarakat untuk bersama sama mendukung dan mensukseskanya.

"Mari bersama sama menjaga kamtibmas di kota Pematang Siantar khususnya di Siantar Timur ini,"ujarnya seraya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah hadir mengikuti acara Jumat Curhat.

Diakhir arahannya Wakapolres mengajak masyarakat untuk melaporkan jika di daerahnya dicurigai sebagai pengedar narkoba," Saat ini kami ada program Grebek kampung narkoba.Untuk itu kami menghimbau masyarakat untuk melaporkannya jika di daerahnya dicurigai ada pengedar narkoba,"pungkasnya.

Salah seorang pengurus masjid Kelurahan Pahlawan Mahendra dalam curhatannya mengatakan akhir akhir ini pelaku pencurian di Kelurahan Pahlawan sudah berkurang. Terkait maraknya narkoba Mahendra mengatakan agar bandar besar nakoba supaya diberantas.

Sementara salah seorang ketua RW Joni Monang Siregar yang juga ketua Bankom Garuda Sumatera Utara dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan dimana dengan diadakannya "Jumat Curhat' Polres dapat mendengar dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Lebih lanjut Joni memberikan masukan terkait kamtibmas dimana menurut Joni demi percepatan informasi diseputaran masing - masing ada baiknya dibentuk pos kamling mobile perbanyak alat komunikasi.

"Artinya setiap RT diberdayakan dan diberikan satu unit 1 Handy Talky (HT) sehingga komunikasi cepat tersampaikan,"ujarnya.

Warga lainnya, Salah seorang Wanita Pengurus RT Diwilayah jalan Thamrin juga menambahkan, agar PSK dibersihkan dari jalan Thamrin.

"Kami minta Polisi juga Patroli Pagi Hari sekitar Pukul tiga pagi, karena dijam-jam segini maling berkeliaran, demikian kami minta PSK dijalan Thamrin dibersihkan,"ungkap wanita berbaju Merah yang juga ketua RT di Kelurahan Pahlawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danramil Siantar Timur Kapten Suheri, Kasat Binmas AKP Jahrona Sinaga, Kapolsek Siantar Timur Iptu Jhon Harnok Purba, Kanit Propam Ipda Moses Butarbutar, ketua Koni Pematang Siantar Jayadi Sagala, Lurah Pahlawan Ariandi Armas SSos dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tokoh agama di Siantar Timur serta RT, RW dan kepling Rosinim Pura, serta Jimmy dan Susanto pengurus Walubi Kota Pematang Siantar dan Bankom Garuda. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.