Header Ads



Gebyar UMKM Ditutup Dengan Transaksi Ratusan Juta, dr Susanti : Terima Kasih Pengusaha Siantar

Siantar, Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pematang Sianțar Tahun 2022 telah ditutup oleh Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, Sabtu (26/11/2022) sore. Selama tiga hari pelaksanaan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 di Lapangan H Adam Malik, berlangsung sukses dan dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak.

BACA JUGA  Saat Gebyar UMKM, Keripik dan Kue Kering Siantar Dikirim 70 Paket ke Jakarta

dr Susanti walikota Siantar memberikan hadiah dan piala pemenang loma pada Gebyar UMKM Siantar. 

dr Susanti dalam sambutannya menerangkan, Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 yang berlangsung 24-26 November 2022 telah berjalan lancar dan sukses. Selain menjadi ajang promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematang Siantar, kegiatan Gebyar UMKM dirangkai penampilan adat dan budaya, khususnya kebudayaan Simalungun, sebagai kearifan lokal di Kota Pematang Siantar.

Serta yang paling membanggakan, telah berhasil meraih Rekor MURI, yakni kegiatan Marumpasa Simalungun atau berbalas pantun menggunakan bahasa Simalungun dengan peserta terbanyak, yaitu 1.848 siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Pematang Siantar.

"Prestasi luar biasa ini bisa kita raih berkat kerja sama seluruh stakeholder yang peduli dengan UMKM, adat, dan budaya Simalungun," sebutnya.

dr Susanti mengharapkan, Rekor MURI bukan seremonial semata, tetapi sebagai momentum untuk menggelorakan dan meyakinkan masyarakat di Kota Pematang Siantar untuk mencintai produk-produk dalam negeri, dalam konteks ini produk unggulan UMKM dan IKM Kota Pematang Siantar. 

"Dengan Gebyar UMKM dan Rekor MURI Marumpasa Simalungun, diharapkan akan menambah semangat kita, terlebih para pelaku UMKM dan IKM untuk meningkatkan kinerja," imbaunya.

BACA JUGA  SMK Negeri 1 Pematang Siantar Pamerkan Produk Unggulan di Gebyar UMKM

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti  mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada para pengusaha, pelaku UMKM dan IKM, serta Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, sehingga Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM. Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur di Kota Medan, 15 November 2022 lalu.

Lencana tersebut, sambungnya, merupakan hasil sinergitas, soliditas, serta kerja keras bersama, termasuk dua perusahaan yang menerima Penghargaan Siddhakarya saat itu, yakni PT Pabrik Es Siantar dan UD Artha.

"Semoga UMKM dan IKM Kota Pematang Siantar dapat tetap berkarya untuk memajukan usaha kreatif di Kota Pematang Siantar, yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pematang Siantar, serta demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," harap dr Susanti.

BACA JUGA Marumpasa Simalungun Dapat Rekor MURI di Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022

dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah pro aktif mensukseskan kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Serta kepada seluruh masyarakat yang telah berkunjung dan meramaikan kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Terutama yang telah turut membeli dan berbelanja di stand-stand yang ada. Dengan berbelanja di stand-stand tersebut berarti telah turut  mendukung dan mendorong kemajuan UMKM di Kota Pematang Siantar.

"Insya Allah, kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar tidak hanya sekali ini. Tetapi akan ada kegiatan yang sama, yang tentunya akan lebih meriah dan menarik. Mari tetap dukung UMKM dan IKM, serta meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri, khususnya dari Kota Pematang Siantar. Perimaksih pengusaha yang ada di kota Siantar," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Gebyar UMKM Kota Pematang Sianțar Tahun 2022 Dra Elpiana Turnip, melaporkan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 24-26 November 2022 dan berlangsung dengan baik.

Dalam kegiatan Gebyar UMKM, lanjutnya, telah dicapai rekor MURI untuk Peserta Terbanyak Berbalas Pantun (Umpasa Simalungun) dengan jumlah peserta 1.848 orang.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, dilaksanakan juga perlombaan trio, lomba umpasa, lomba iklan dan fotografi, serta melibatkan 87 UMKM dengan total transaksi perputaran uang lebih kurang Rp237 juta. 

Acara dilanjutkan dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah para pemenang lomba. 

Turut hadir, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH; Plt Kepala Dinas Koperasi, UMKm, dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Herbert Aruan SPd, Plt Kadis Kominfo Kota Pematang Siantar Johannes Sihombing STTP MSi, perwakilan Bank Sumut, perwakilan SRC, dan para pelaku UMKM. rel/tag


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.