Header Ads



SMK Negeri 1 Pematang Siantar Pamerkan Produk Unggulan di Gebyar UMKM

Siantar, Siswa SMK Negeri 1 Pematang Siantar  menunjukan kreatifitasnya dalam dunia usaha, hal ini terlihat beberapa produk usaha siswa-siswi dibawa binaan Kepala sekolah Beslon Samosir, MPd dipertunjukan pada acara Gebyar UMKM yang diselengaragan Dinas Koperasi dan Perdagangan kota Pematangsiantar yang berlangsung 24-26 November 2022.

BACA JUGA  Naik Kereta Api Siantar - Medan Kini Lebih Mahal?, Ini Faktanya

Siswa dan Guru SMK Negeri 1 Pematang Siantar menunjukan hasil usaha di Gebyar UMKM Pematang Siantar.

Usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang dipertunjukan oleh para siswa SMK Negeri 1 Pematang Siantar berupa makanan cemilan (jajanan) yang harganya relatif murah yaitu keripik Bakso.

Demikian juga ada usaha seni kreatif Rajutan berupa boneka dan mainan kunci. Ada juga usaha pembuatan tas dan dompet, serta usaha lainnya yang terlihat dan terpampang di Galery Gebyar UMKM milik SMK Negeri 1 Pematang Siantar di lapanagn H. Adam Malik kota Siantar.

Beslon Samosir kepala sekolah SMK Negeri 1 Pematang Siantar ditemui di Gebyar UMKM kota Pematang Siantar mengatakan, adapun aneka usaha yang dimiliki anak didiknya dinamakan "Produk Teaching factory" (Pabrik/perusahaan Pengajaran) di SMK Negeri 1 Pematang Siantar.

"Inilah kebanggaan kita, dimana anak didik bukan hanya kita ajari bagaimana berusaha tapi kita juga ajak bagaimana memulai usaha (membuat pabrik). Disekolahlah kita mengajarinya bagaimana memulai usaha, mulai dari hal-hal yang sederhana, demikia juga selanjutnya mempromosikannya," jelas Beslon, bahwa anak didik diajak terus merinovasi dengan hal-hal yang baru.

BACA JUGA Marumpasa Simalungun Dapat Rekor MURI di Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022

"Bisa saja bahan-bahan mentahnya sama, contohnya pembuatan keripik, tapi rasa dan cara kemasannya pasti berbeda, disinilah anak-anak didik kita ajak terus berinovasi diera sekarang harus menguasai teknologi,"ungkap Beslon, bahwa produk keripik anak diddiknya sudah banyak pemasarannya, karena harga dan rasanya yang khas.

Kata Beslon Samosir lagi, Gebyar UMKM menurut tepat bagaimana pengembangan dan inovasi usaha-usaha di daerah.

"Gebyar UMKM ini menurut saya sangat tepat, karena itu kami ambil bagian. Disini kita dapat melihat produk-produk lainnya, sehingga kita dapat membandingkan produk kita apa kelebihan dan kekurangannya. Kita harapkan masih ada pameran usaha lainnya, kami pasti mengikutinya, sehingga siswa dapat lebih berpengalaman mengenalkan produknya,"tutupnya. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.