Header Ads



791 Mahasiswa UHKBPNP Diwisuda, Walikota Siantar : Manfaatkan Peluang Wirausaha

Siantar, Sebanyak 791 wisudawan-wisudawati Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP) diajak berkreasi dan berinovasi. Salah satunya dengan memanfaatkan peluang besar saat ini, yaitu berwirausaha atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya saat menghadiri acara Wisuda Program Strata 1 (S-1) UHKBPNP, di aula UHBPNP, Jalan Sangnaualuh Damanik Pematang Sianțar, Sabtu (26/11/2022) pagi.

Acara diawali Prosesi Sidang Terbuka Senat UHKBPNP dengan jumlah 791 wisudawan/wisudawati dari 13 jurusan dan 3 fakultas. Dilanjutkan sambutan dari Rektor UHKBPNP Prof Dr Sanggam Siahaan MHum. Kemudian sambutan dari LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, dan sambutan Ketua Yayasan HKBP Budi Situmorang. 

dr Susanti mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati, dan berharap ilmu yang telah diperoleh selama di perkuliahan dapat berguna untuk memajukan bangsa dan negara, juga menjadi kebanggaan orang tua masing-masing.

"Kepada wisudawan dan wisudawati, saya berpesan tetaplah terus belajar. Sebab persaingan di dunia kerja semakin sulit di era revolusi 4.0. Dibutuhkan kejelian dan kesungguhan untuk bisa menemukan peluang-peluang besar di era ini," kata dr Susanti.

Para lulusan perguruan tinggi, lanjutnya,  dituntut mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu berkreasi dan berinovasi serta memanfaatkan peluang besar. Salah satunya, peluang berwirausaha atau UMKM.

Dalam pemberdayaan dan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, sambung dr Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar pada 24-26 November 2022 menggelar kegiatan Gebyar UMKM Tahun 2022 di Lapangan H Adam Malik. Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematang Siantar.

Sebelumnya, 15 November 2022 lalu, dr Susanti telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM. Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Kota Medan.

Saat itu juga, ada dua UMKM dari Kota Pematang Siantar yang menerima penghargaan Siddhakarya, yaitu PT Pabrik Es yang memproduksi minuman Cap Badak serta UD Artha yang memproduksi ulos.

dr Susanti melanjutkan, wisuda bukanlah momentum untuk berhenti belajar. Namun ilmu yang selama ini telah didapatkan di kampus agar dilanjutkan dan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan. Meski begitu, pelaksanaan wisuda merupakan pencapaian kinerja dan reputasi UHKBPNP sebagai kontribusi nyata dalam pembangunan anak bangsa.

"Pemerintah Kota Pematang Siantar akan terus mendorong dan mendukung Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dalam kiprahnya menghasilkan lulusan terbaik dan berkualitas. Semoga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar semakin maju, terus mencetak lulusan terbaik, dan ikut dalam membangun Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," sebut dr Susanti.

Turut hadir dalam acara wisuda tersebut, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Maurits Xon Silitonga, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pematang Siantar diwakili Rahmat, Pimpinan Gereja HKBP diwakili Kadep Diakonia Pdt Debora Sinaga, 

Pengurus Yayasan dan Pengawas UHKBPNP, Ketua STT HKBP Pematang Siantar Pdt Dr Haiman Sinaga, Ephorus HKI Pdt Firman Sibarani MTh, Bishop HKIP Pdt L.Tambunan, STh, MM, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan orang tua  wisudawan/wisudawati. TAG/T


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.