Header Ads



Dihadiri Staf Khusus Menteri Koperasi, Mahasiswa Baru Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Disambut Tortor

SIANTAR, Puncak acara penyambutan mahasiswa baru atau Peserta Kegiatan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP) berlangsung sukses, yang diwarnai kuliah umum yang dibawakan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD, di Aula UHKBPNP, jalan Sangnaualuh Pematang Siantar, Sabtu (1/10/2022).

Pantauan media ini, kegiatan ini dipersiapkan begitu matang oleh panitia PKKMB yang diketuai Hendra Simanjuntak MP.d dan skretaris, Rindu Marpaung, SP.d serta didukung para dosen dan mahasiswa/i.

Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, Wakil Rektor, Dosen dan para mahasiswa/i baru saat ikuti acara kuliah umum, di Aula UHKBPNP, jalan Sangnaualuh Pematang Siantar, Sabtu (1/10/2022).

Sebelum kuliah umum dimulai, rombongan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD,  Henra Saragih SH,MH,M.Kn (kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi ), Nasrun Siagian ( Asdep Peningkatan SDM Deputi Perkoperasian ), Drs.Unggul Sitanggang,MSi ( Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan UMKM)dan rombongan, disambut begitu hangat oleh Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, para Wakil Rektor, Dosen, dan para panitia  PKKMB yang diiringi tarian tor-tor, persembahan para mahasiswi.

Mengawali acara, Rindu Marpaung mewakili panitia kegiatan menjelaskan secara singkat pelaksanaan kegiatan dan mengucapkan selamat datang kepada Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD, beserta rombongan.

 

“Ini sebuah kehormatan bagi Universitas HKBP Nommesen Pematang Siantar atas kesediaan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD, untuk memberikan kuliah umum dan semoga adik – adik mahasiswa/i baru dapat memanfaatkan moment berharga ini sebaik – baiknya,”ujar Rindu.

Apresiasi juga disampaikan Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, atas kehadiran Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik ST, MSi, PhD, di tengah – tengah mahasiswa/i baru.

Salah seorang mahasiswa saat memberikan pertanyaan kepada Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD.

Menurutnya, kuliah umum ini sangat penting bagi kalangan muda, khususnya mahasiswa baru agar nantinya semakin kreatif dan tertarik dalam dunia wirausaha dan UMKM, seperti tema kuliah umum “Generasi muda, wirausaha dan UMKM”.

“Mari kita ikut berpartisipasi dalam memerangi kemiskinan dengan menjadi SDM yang kreatif dan mampu berkompetensi. Karena kalau Negara dilanda kemiskinan maka kekacauan akan terjadi di masyarakat,”ujar Rektor.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD,  Henra Saragih SH,MH,M.Kn (kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi ), Nasrun Siagian ( Asdep Peningkatan SDM Deputi Perkoperasian ), Drs.Unggul Sitanggang,MSi ( Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan UMKM) bersama Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD, dalam kuliah umumnya yang dipandu Dosen UHKBPNP, Binsar Gultom, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Rektor UHKBPNP, dan juga panitia yang telah mengundang pihaknya untuk memberikan kuliah umum.

Foto bersama usai Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD memberikan kuliah umum dan diulosi Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

Dia mengaku senang bisa hadir ditengah – tengah kalangan muda dan berbagi ilmu soal wirausaha dan UMKM.

Muhammad Riza berharap, lulusan UHKBPNP dapat menjadi pemimpin yang tangguh dan pengusaha tangguh nantinya.

 

“Untuk itu mari kita bersama – sama berpartisipasi mempersiapkan Indonesia Emas 2045 mendatang. Anak – anak muda harus menciptkan pemabaharuan, jangan malas – malasan, dan jangan gampang puas,”ujarnya memotivasi.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD saat foto bersama salah satu pelaku UMKM di Pematang Siantar.

Dan untuk menciptakan Negara maju, lanjutnya, maka kita harus menjaga pertumbuhan ekonomi, kompak membangun ekonomi domestik atau perkuat ekonomi dimestik, ciptakan produk berkualitas dan tingkatkan produktitasnya.

Damanik juga meminta para mahasiswa/i agar senantiasa berkomunikasi ke Dinas Koperasi tingkat kota maupun Provinsi agar mendapat informasi dan juga solusi terkait wirausaha maupun UMKM.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa tampak antusias memberikan pertanyaan kepada Muhammad Riza yang semua pertanyaan dijawab dengan singkat dan memuaskan.

Rektor, Wakil Rektor, para Dosen, Pegawai dan para mahasiswa/i baru tampak manortor bersama.

Tak luput, Muhammad Riza juga memperkenalkan rombongan yang hadir yaitu Hendra Saragih SH, MH, MKn, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi, Nasrun Siagian, Asdep Peningkatan SDM Deputi Perkoperasian, dan Drs Unggul Sitanggang, MSi, Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan UMKM serta Herbet Aruan dari Dinas Koperasi Kota Pematang Siantar.

Usai memberikan ulos kepada Muhammad Riza Adha Damanik, ST, MSi, PhD, selanjutnya masuk ke acara penyambutan mahasiswa/i baru.

Para mahasiswa/i baru dengan memakai ulos dan mengenakan topi terbuat dari karton, tampak keluar dari aula dengan berbaris rapi dan berlahan – lahan berjalan menuju ke lapangan bola kaki.

Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, didampingi Wakil Rektor, dan para Dosen saat melepas balon ke udara.

Di lokasi, para mahasiswa/i baru tersebut disambut Rektor, Wakil Rektor dan para Dosen dan pegawai. Dan diwaktu bersamaan, mereka tampak berbaur manortor (menari,red) bersama yang dipandu salah seorang dosen.

Kemudian dilanjutkan pelepasan balon ke udara oleh Rektor UHKBPNP, Prof Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, didampingi Wakil Rektor dan juga pelepasan sepasang burung merpati yang disambut tepuk tangan meriah dari para mahasiswa/i baru dan civitas universitas

Disela kegiatan, Ketua Panitia PKKMB, Hendra Simanjuntak MP.d mengucap syukur atas suksesnya acara PKKMB ini.

“Mulai dari kuliah umum di aula hingga acara puncak di lapangan bola kaki, semua berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan cuaca juga sangat bersahabat. Kita ucapkan terimakasih kepada Rektor, Wakil Rektor dan para Dosen, Pegawai serta para panitia PKKMB maupun mahasiswa/i yang telah bahu membahu mensukseskan acara ini,”ungkap Hendra dengan penuh haru.

Masih kata Hendra, Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar merupakan pilihan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena di universitas ini, para mahasaiswa/i tidak hanya diajari soal koginitif (pengetahuan) tapi bagaimana hadir di dalam dunia nyata yaitu masyarakat.

“Acara ini mengajarkan kita, bagaimana kita bersilaturahmi dengan baik dan meningkatkan persaudaraan tanpa memandang perbedaan dan hal itu sudah kita ajarkan turun temurun kepada mahasiswa/i. Selamat menimba ilmu di Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar yang kita cintai ini,”ujar Hendra Simanjuntak mengakhiri. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.