Header Ads



Shindo Sumidomo, Anak Siantar yang Melambungkan Nama Siantar ke Dunia

Catatan : Tagor Sitohang – Siantar

Nama lahirnya Heng Hok Soei yang cukup dikenal dengan nama Shindo Sumidomo, dialah pemilik dan pengagas berdirinya  produk-produk makanan yang bermerak Siantar Top.

Banyak yang tidak mengenal nama Shindo Sumidomo lahir di Pematang Siantar tahun 1953, tapi produk Siantar Top pasti semua seluruh rakyat Indonesia dapat mengenalnya, karena produk Siantar Top selalu beriklan di media televisi Nasional, bahkan produk jajanan Siantar Top ini di luas masyarakat Internasional karena kwalitas produksinya.

Saat ini Shindo Sumidono sebagai  Direktur Business And Development dan pemilik langsung produk Siantar Top, seperti dilansir dari siantartop.co.id,  Sabtu ( 25/3/2016).

Shindo Sumidomo
Shindo Sumidomo mengawali karir sebagai Wirausaha sebelum mendirikan perseroan pada tahun 1987 dan menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan sejak tahun 1996 sampai tahun 2012.

Mendirikan dan menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Sari Bumi Alam Indonesia (Industri Bumbu) tahun 1992. PT. Sari Tama Tunggal (Industri Mie Instan) telah melakukan merger kedalam perseroan tahun 2000 dan PT. Semesta Nustra Distrindo (Perusahaan Distribusi) pada tahun 1994. Mendirikan dan menjabat sebagai Direktur Utama PT. Shindo Tiara Tunggal (Perusahaan Holding) pada tahun 1994.

PT. Siantar Top Tbk adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1972. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 2000.

Siantar Top juga memiliki banyak anak perusahaan antara lain : Semestanustra Distrindo, Shindo Tiara Tunggal, Siantar Top Anugerah Sejahtera, Siantar Tiara Estate, dan STTV (Siantar Production).
Perseroan ini berdiri sejak tahun 1972 sebagai cikal bakal menerjuni produksi makanan ringan seperti kerupuk (crackers). Sejalan dengan perkembangan usaha, pada tahun 1987 status usaha ditingkatkan menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT. SIANTAR TOP.

Pada tahun 1989 Perseroan mengembangkan usaha dengan mendiri- kan pabrik baru di daerah Tambak Sawah No 21 - 23 Waru, Sidoarjo dengan menempati area seluas 25.000m2. Selain memproduksi kerupuk (crackers), perseroan juga mengembangkan usaha dengan memproduksi produk mie (snack noodles). 

Selanjutnya pada tahun 1991 perseroan mengembangkan usaha dengan memproduksi permen (candy). Dan pada tanggal 16 Desember 1996, perseroan telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dengan kode STTP. Pada tahun 2009 perseroan sudah mendistribusikan biskuit dan wafer dan produk tersebut dapat diterima oleh pasar, dikarenakan memenuhi selera konsumen.

Brand produk Siantar Top
Siantar Top, Masih ada di Siantar?

Produk Siantar Top masih banyak diperjual belikan di Siantar, hanya saja untuk produksi kelihatannya tidak ada di kota Siantar sendiri.  Menurut salah seorang laki-laki penangung jawab disalah satu toko jajanan dan snack di Siantar,  yang namanya tidak mau dipublikasikan mengatakan, produk-produk Siantar Top masih banyak di pasarkan di Siantar dan kabupaten Simalungun.

“Kami salah satu toko yang menjual produk Siantar Top, beberapa produk Siantar Top laris dijual ditempat berupa snack,” kata laki-laki keturunan Thionghoa itu di jalan Merdeka kota Pematangsiantar, Sabtu ( 25/3/2017).

Informasi yang diterima lintaspublik.com, Shindo Sumidomo sendiri tinggal di Jalan Zamhuri No. 25 – 29 Rungkut Tengah, Gununganyar, kota Surabaya. Untuk menghargai dan mengenang kota kelahirannya, Shindo Sumidomo banyak memakai kata Siantar. Dan kata Siantar ini pula melambungkan nama produk-produk laris samapi saat ini, ini semua berkat tangan dingin Shindo Sumidomo memimpin perusahaan yang sudah berumur 45 tahun lamanya itu.


Inilah rekam jejak perusahaan PT. Siantar Top Didirikan asli anak Siantar :


1972       Memulai usaha sebagai industri rumah tangga

1987       Resmi didirikan sebagai PT.Siantar Top Tbk

1989       Mendirikan pabrik baru seluas 25.000 m2 di Tambak Sawah, Sidoarjo

1996       Mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia ) dengan kode STTP

1998       Mendirikan Pabrik baru di Medan

2000       Penggabungan Usaha PT. Saritama Tunggal, perusahaan yang bergerak dibidang Mie Instan

2002       Stock split dengan perbandingan 1 : 5

2002       Mendirikan Pabrik baru di Bekasi

2003       Menerima sertifikat ISO 9001 : 2000 dari URS (pada tahun 2009 mengalami peningkatan                    menjadi ISO 9001 : 2008

2007       Penghargaan atas kinerja export atas pengembangan jenis produk dari Gubernur Jawa Timur

2010       Menerima sertifikat ISO 22000 : 2005 dari URS

2011       Mendirikan Pabrik baru di Makasar

2012       Memperluas jaringan dengan strategi kemitraan

2014       Pengembangan Industri Biskuit Dan Kopi Sertifikat ISO 9001 : 2008 Sertifikat ISO 22000

2005       Sertifikat sistem keamanan pangan produk melalui sertifikasi ISO 22000 : 2005   
          

Salah satu Produk Snack Siantar Top.
Sertifikat Jaminan Halal

Perusahaan mendapatkan sertifikat atas sistem jaminan halal melalui Sertifikat Jaminan Halal dari LPPOM-MUI


Penghargaan :

Penghargaan Global Brand Developer  dari Gubenur Jawa Timur dengan prestasinya dengan penghargaan Global Brand Developer.
          
Sertifikat The Best Quality Product OF The Year

Perusahaan mendapatkan penghargaan dari 9 (sembilan) Media dengan prestasinya dengan Sertifikat The Best Quality Product OF The Year.


Pabrik di Indonesia :

Di  Sidoarjo  PT. Siantar TOP Tbk, di Jl. Tambak Sawah 21-23 Waru, Sidoarjo - Jawa Timur, memiliki 4 lokasi dengan luas area 175.027 m2. memproduksi : Biskuit dan Wafer, Kerupuk, Mie.

Di Bekasi, PT. Siantar TOP Tbk, di jalan Cipendawa-Narogong km 7 Rawa Lumbu, Bekasi - Jawa Barat, memiliki 1 pabrik dengan luas area 56.160 m2 memproduksi : Mie, Kerupuk, Biskuit.

Di Medan, PT. Siantar TOP Tbk, Medan sebagai cabang yang beralamat dijalan Tanjung Morawa, Deli Serdang - Sumatera Utara, memiliki 1 pabrik dengan luas area 54.499 m2 memproduksi : Mie, Kerupuk, Biskuit dan Wafer.

Di Sidoarjo, PT. Siantar Top Tbk., Divisi Packaging, sebagai bisnis unit PT. Siantar Top Tbk, berada diwilayah kabupaten Sidoarjo - Jawa Timur, memiliki 1 pabrik dengan luas area 2.735 m2 memproduksi : Printing dan Flexible Packaging. PT. Siantar Top Tbk., Divisi Tepung, sebagai bisnis unit PT. Siantar Top Tbk, berada diwilayah kabupaten Sidoarjo - Jawa Timur, memiliki 1 pabrik dengan luas area 22.042 m2, memproduksi : Tepung Terigu.


Ada Usaha Makanan, Televisi, Perumahan, Sampai Jasa Keuangan.

Usaha-usaha yang dikelola Shindo Sumidomo dalam pendiriannya telah diaktakan dan disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surart Keputusannya No. C2- 5873.HT.01.01.Th.88 tanggal 11 Juli 1988 adalah, Siantar Top perusahaan memproduksi  makanan,  Semestanustra Distrindo perusahaan distribusi, Shindo Tiara Tunggal, Siantar Top Anugerah Sejahtera perusahaan jasa keuangan, sebelumnya bernama Siantar Top Multifinance. 

Siantar Tiara Estate perusahaan perumahan. STTV usaha pertelevisian, yang merelai 14 jaringan industri televisi diseluruh Indonesia.

Adapun produk yang sudah dikenal luas oleh masyarakat adalah : Soba Mie Sedap, Spix Mie Goreng, Mie Gemez & Gemez Enaak. Demikian prodk Snack seperti : Twistko, French Fries 2000 & Leanet, dan biiskuit yaitu: GO! Potato, GO! Malkist, Goriorio & Wafer.*

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.