Header Ads



Nikmati Kesejukan Air Bah di Sampuran Balata Kabupaten Simalungun

LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN, Mendengar kata Bah Tio, bagi warga Sampuran Balata sekitarnya mungkin tidak asing lagi. Bah Tio adalah sarana pemandian yang terletak di areal perkebunan kelapa sawit, dan dekat dengan pemukiman warga Sampuran Nagori Balata kecamatan Jorlan Hataran Kabupaten Simalungun.

Bah Tio Sampuran di jalan Parapat  Nagori Balata
kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun

Bah Tio merupakan tempat pemandian dengan panjang kurang lebih 20 meter dan lebar sekitar 10 meter, dan yang sangat menarik air pemandian itu sangat jernih dan asli dari Mata Air, sehingga nama Bah Tio diambil dari bahasa batak Simalungun yang artinya Air yang Jernih.

Menurut M. Purba pemilik warung disekitar Bah Tio,  yang juga merangkap pengelola tempat pemandian Bah tio mengatakan, biasanya pengunjung akan ramai datang untuk mandi pada hari libur khususnya hari Minggu.

Banyak yang datang, mulai  anak muda, ada juga pengunjung yang datang bersama keluarganya. Pengunjung-pengunjung ini tak bosan-bosan mandi di Bah Tio ini, karena airnya sangat segar sekali,  jernih, dan tempatnya juga startegis, tidak jauh hanya 150 meter dari jalan besar Parapat di nagori Balata.

" Masuk ketempat ini gratis, dan pengunjung juga dapat memesan teh manis, kopi dan jajanan lainnya,"kata M. Purba, Sabtu (5/2/3/2016) di lokasi Pemandian Bah Tio Tigabalata.

Ditempat ini (Bah Tio), pengunjung  dapat dimanjakan berenang sepuasnya,  ada juga penyewaan ban untuk membantu berenang yang dihargai Rp. 5000, demikian   tikar untuk tempat santai cukup disewa Rp 5000.

Pantauan www.lintaspublik.com  pengunjung sangat ramai pada Sabtu ini, semakin sore, pengunjung semakin banyak yang memadati pemandian yang terlihat sangat asri dan sejuk itu. Untuk menjaga kenyamannan Bah tio ditutup  pukul 18.00 Wib setiap harinya. Namun sayang, areal parkir ditempat ini nampaknya masih semraut, demikian petunjuk area pemandian belum ada petunjuk arah kedalaman air, sehingga dibutuhkan kehati-hatian pengunjung. Jika anda ingin merasakan kesejukan dan kejernihan air  Bah Tio datanglah ke desa Sampuran nagori Balata kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun.


Penulis    : firma
Editor      : tagor

1 komentar:

  1. woww... itu air beningnya udh kayak AQU* aja ya
    pasti segera banget tuh berendam disitu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.