Header Ads



Sarjana Tehnik Elektro Ciptakan Wadah Tanaman Hidroponik

LINTAS PUBLIK – KARO, Suardi Raden namanya, lulusan sarjana Tehnik Elektro yang tinggal di  Jalan Bromo Lr.Amal No.11 Medan menciptakan wadah tanaman hidroponik, yang dapat menanam aneka tanaman sayuran.
Ketika berbincang dengan www.lintaspublik.com Suardi Raden di Pajak Buah Berastagi  dalam acara Pameran buah dan Bunga di kabupaten karo  (14/11/2015) mengatakan, Wadah tanaman Hidroponik ini merupakan tempat menanam sayur mayut yang sangat simpel, yang bisa digunakan di dalam maupun di luar rumah.
Suardi raden menunjukan hasil karyanya, tanaman Hidroponik
yang tampak subur, ramah lingkungan.
“Sangat simple sekali, kita dapat membuat sendiri pola tanam memakai sistem Hidroponik ini, baik untuk lahan yang luas maupun sempit,”kata Suardi Raden sambil menunjukan berbagai contoh tanaman buatannya yang nampak subur dan sehat..
Bukan itu saja, Suardi juga menciptakan pupuk non organik yang mampu menyuburkan semua jenis tanaman tanpa harus memakai pupuk kimia.
Tanaman Hidroponik buatan Suardi Raden terbuat dari Paralon
Suardi memperlihatkan wadah tanamannya yang dirangkai dari pipa pralon bertingkat  dan diberi lubang berjarak 5 cm lalu di aliri air mampu menghasilkan masa panen hanya 30 hari dan hasilnya pun cukup memuaskan, sehingga tidak membuat ibu rumah tangga kesulitan mendapatkan sayuran sehat tanpa pengawet dan pupuk kimia.
Cara ini adalah merupakan inovasi baru bagi seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan zat kimia. Dan penggunaan ini juga ramah lingkungan hemat biaya, sehat dan dapat dipakai berulang-ulang kali.
"Saya tamat dari IPB, Ikatan Pemuda Bromo, "ujar Suardi bercanda membuat pengunjung di stannya tertawa.

Penulis    : roy
Editor      : tagor



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.