Header Ads



Kinerja Buruk, Pj Walikota Siantar Ultimatum Kadishub

LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kemserautan arus lalu-lintas di inti Kota Pematangsiantar, khususnya di sekitar Pusat Pasar Horas (Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo) mengusik perhatian Ketua DPRD, Eliakim Simanjuntak SE. Tak tanggung-tanggung, politisi Partai Demokrat ini menyentil langsung buruknya kinerja Dinas Perhubungan yang dipimpin Posma Sitorus SH, sehingga membuat kemacetan nyaris jadi pemandangan sehari-hari.
Kritikan tersebut dilontarkan Eliakim Simanjutak, saat memberikan sambutan pada acara Ulang Tahun Perusahaan Daerah (PD) Pasar Horas Jaya Ke-1, Sabtu pagi (24/10/2015) langsung di kawasan Pasar Horas.
“Sebagai legislatif, wajar jika kami selaku wakil rakyat mengkritisi kinerja pemerintah daerah agar lebih baik dalam melayani masyarakat. Lihat saja, sampai trotoar pun sudah dijadikan lokasi parkir dan berjualan, tapi tidak ada tindakan nyata. Kepada Pj Walikota yang baru, saya mohon agar lalu-lintas kita ini bisa ditata lebih baik lagi, karena saya lihat kondisinya sudah mengganggu kenyamanan masyarakat,”ujarnya.
Pj. Walikota Siantar Eddy Sofian melepas balon ke udara.
Pj Walikota Pematangsiantar, Drs.H.Eddy Syofian,MAP merespon kritikan Ketua DPRD dengan berjanji akan melakukan penataan secepatnya melalui lembaga teknis terkait. Bahkan saat memberikan sambutan, Pj Walikota spontan mengultimatum Dinas Perhubungan.
“Saya tegaskan, bahwa dalam waktu satu bulan, penataan lalu lintas dan trotoar di kota ini harus segera dibenahi oleh Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Satpol PP. Bila tenaga kita kurang, barulah kita minta bantuan kepolisian,”tegasnya di hadapan Kapolresta AKBP Dodi Darjanto, Ketua Pengadilan Negeri Viktor Pakpahan M.Hum, Kajari M.Masril,M.Hum, Direktur Utama PD Pasar Satia Siagian,M.Si dan Kadis Perhubungan Posma Sitorus SH serta ratusan perwakilan pedagang serta karyawan PD Pasar Horas Jaya. Ditegaskan pula bahwa selaku Pj Walikota, dirinya diperkenankan melakukan evaluasi terhadap kinerja para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kurang maksimal.
“Saya berwenang melakukan evaluasi terhadap kinerja para pimpinan SKPD maupun Direksi Perusahaan Daerah. Karena oleh Gubernur dan Mendagri, saya diberikan kewenangan untuk memberikan penilaian atas etos kerja pegawai,”ujarnya seraya berkelakar dengan menyebut, dirinya dapat “meneken dan menekan” yang disambut gelak tawa hadirin.
Pada kesempatan tersebut, Kajari dan Kapolres yang turut memberikan sambutan, menegaskan kembali komitmen mereka dalam membantu kerja-kerja pemerintah daerah, kususnya dalam bidang keamanan serta penegakan hukum.
“Saya berharap seluruh pedagang maupun pegawai yang ada di Pasar Horas ini kompak menjaga keamanan, mengingat terbatasnya personil kami dari kepolisian. Sehingga setiap ada tindak kriminal dapat segera disampaikan ke polisi untuk ditangani,”ujar Kapolresta.
Direktur PD Pasar, Setia Siagian dalam sambutannya menjelaskan bahwa peralihan dari Dinas Pasar menjadi PD Pasar, dimaksudkan agar pengelolaan pasar tradisional (Pasar Horas dan Dwikora) di Pematangsiantar bisa lebih baik bahkan setara dengan pasar modern. Karena itulah, sekaitan dengan penataan lalu-lintas dan parkir di sekitar Pasar Horas, pihaknya dalam waktu dekat akan membangun lokasi parkir dari konstruksi baja, khusus untuk roda 2 di depan tangga utama.
“Selain itu, kita juga akan merenovasi gedung empat yang kondisinya sekarang sudah tidak layak lagi sebagai lokasi berjualan,”tegasnya.
Acara Ulang Tahun Ke-1 ini ditandai dengan Gerak jalan misal bersama Pj Walikota yang diikuti para pedagang, pelepasan balon berhadiah dan pemotongan kue oleh Pj Walikota didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) serta jajaran Direksi PD Pasar serta perwakilan pedagang.


Penulis :franki Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.