Header Ads



Antisipasi TBC, 150 Warga Jorlang Hataran di Check Kesehatannya

Simalungun, 150 warga di kecamatan Jorlang Hataran Puskesmas Jorlang Hataran Medical Check (Pengecekan dan Deteksi Penyakit) dalam rangka mengantisipasi Tuberkulosis ( TBC), Selasa (26/3/2024) di Aula kantor Camat Jorlang Hataran.

Antisipasi TBC, 150 Jorlang Hataran di Check Kesehatannya/ist
Pelaksanakan Medical Check ini dilaksanakan oleh Puskesmas  Jorlang Hataran, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Pada kegiatan itu, Kepala Puskesmas Jorlang Hataran Emma Tambunan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan bersama Tim dari Kemenkes.

"Untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh dilaksanakan oleh Praktisi kesehatan, dan mendeteksi gejala potensi penyakit tertentu dan penanganan secara dini.  Baru-baru ini terdeteksi 43 warga terkena Penyakit TBC- Paru,' jelasnya.

Pemeriksaan massal ini baru pertama sekali dilakukanbersama  Kemenkes dan  tidak di pungut biaya.

"Warga yang terdeteksi Positif kita undang kesini, demikian juga beserta tetangganya agar bisa di cegah sedini mungkin. Dari 43 orang yang positif penyakit paru menurun menjadi 12 orang," ungkap Kapus itu, agar  penyakit TBC ini dapat dutekan dan di sosialisasi kepada Warga dan pemberian obat yang Rutin.

Salah satu warga Jorlang hataran, Bermarga Simbolon (65)  yang menerima fasilitas pemeriksaan mengucapkan terimakasih kepa a Puskesmas Jorlang Hataran.  

"Terimakasih kepada Puskesmas dan Kemnterian kesehatan, sehingga kami dapat berobat gratis," ungkapnya. (lind/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.