Header Ads



MTQ Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Cabdisdik Wilayah VI Tahun 2023

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengucapkan terima kasih karena Kota Pematang Siantar menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah VI Tahun 2023. Ucapan terima kasih tersebut disampaikan dr Susanti dalam sambutannya saat menghadiri Pembukaan MTQ Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Cabdisdik Wilayah VI Tahun 2023, di Lapangan Sat Brimob Yon-B Pematang Siantar, Jalan Ahmad Yani, Selasa (19/12/2023).

"Tentunya menjadi kehormatan bagi kami Kota Pematang Siantar menjadi tuan rumah kegiatan ini. Kami akan sebaik-baiknya menjadi tuan rumah baik bagi para peserta. Kami juga mengucapkan selamat datang kepada tamu kami di Kota Pematang Siantar yang penuh toleransi dengan mengambil semangat Sapangambei Manoktok Hitei yang dalam bahasa Simalungun artinya bekerjasama dan bergotong royong untuk tujuan mulia," terang dr Susanti.

Masih kata dr Susanti, maksud dan tujuan MTQ salah satunya membentuk karakter generasi muda yang Islami dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang cukup. Sehingga akan terbentuklah generasi yang akan datang menjadi generasi muda Islami yang mempunyai ahlak Qurani.

MTQ ini juga, lanjutnya, untuk membumikan Alqur'an, supaya mudah dimengerti dan mudah dipahami. Sehingga akan semakin dicintai oleh generasi muda, yang akhirnya akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tantangan ke depannya, kata dr Susanti, semakin kompleks dan penuh dinamika.

"Kita semua yakin bahwa dengan generasi yang Islami akan tetap mempertahankan toleransi umat beragama dan bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat, sehingga kita dapat membangun daerah kita menuju Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, Pematang Siantar Bangkit dan Maju," tukasnya.

Kepada para peserta MTQ, dr Susanti berpesan, kalah-menang bukan tujuan utama, tapi raihlah kebaikan dan kedamaian melalui pengetahuan dan hikmah yang terkandung dalam Alqur'an.

"Pemerintah Kota Pematang Siantar mempunyai komitmen yang tinggi dan tetap konsisten kepada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan seperti saat ini. Pemerintah Kota Pematang Siantar siap mendukung kegiatan ini," pungkasnya.

Ketua Panitia MTQ Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Cabdisdik Wilayah VI, M Syahrizal Damanik SPd menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari nilai-nilai Pelajar Pancasila atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kegiatan berlangsung selama tiga hari yang dimulai Selasa (19/12/2023) dan berakhir Kamis (21/12/2023). MTQ mempertandingkan lima cabang lomba, yakni Tilawatil Quran, Tahfidz Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran atau Kaligrafi. MTQ diikuti 72 SMA/SMK baik negeri maupun swasta dengan jumlah peserta 625 orang.

Ketua LPTQ Cabang Dinas Wilayah VI Drs Akhyar MPd mengatakan pihaknya merasa berbahagia, bangga, dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ada 14 cabang. Dari 14 Cabdisdik, katanya, telah terbentuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK Tahun 2022.

"Mudah-mudahan MTQ Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Cabang Dinas Wilayah VI tidak sekadar seremonial sebagaimana tema yang sudah tertulis yaitu "Dengan MTQ Tingkat SMA/SMK Cabang Dinas Wilayah VI ke-2, Kita Aukseskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diwakili Kepala Cabdisdik Wilayah VI Drs R Zuhri Bintang MAP mengatakan, tahun lalu Cabdisdik Wilayah VI Siantar-Simalungun meraih juara umum MTQ Pelajar SMA/SMK Tingkat Provinsi Sumut.

"Mudah-mudahan tahun ini akan kita pertahankan juara umum lagi," harapnya.

Menurut Zuhri, kegiatan MTQ merupakan bagian implementasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka yaitu Komitmen Pelajar Pancasila, sebagaimana ayat-ayat suci Alquran tidak sekadar dibaca, tetapi juga dimaknai dalam kehidupan sehari-hari.

Tampak hadir Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi SSoS, anggota DPRD Provinsi Sumut Gusmiyadi, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Mayor Inf Fahrul, Danrindam I/BB diwakili Mayor R Pohan, Kapolres Pematang Siantar diwakili AKP P Butar-Butar, Danki Brimob Yon-B Pematang Siantar diwakili Rony Sarko SH MH, mewakili Kajari Pematang Siantar Zulfakar Adi Putra, para Dewan Hakim dan para Kepala SMA/SMK se-Cabdisdik Wilayah VI. (*/tag)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.