Header Ads



Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar MoA dengan Universitas Simalungun (USI)

Siantar, Untuk meningkatkan layanan perpustakaan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas Simalungun (USI). Penandatanganan berlangsung di Ruang Rapat Biro Rektor Lantai II USI, Jalan Sisingamangaraja Pematang Siantar, Kamis (23/11/2023).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematang Siantar Hamzah F Damanik SSTP MSi mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat Kota Pematang Siantar melalui peningkatan sinergitas potensi sumber daya manusia. 

"Yang dimulai dari peningkatan kegiatan layanan perpustakaan, pemasyarakatan gemar membaca, dan pelaksanaan perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mewujudkan visi dan misi Kota Pematang Siantar yaitu Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," terang Hamzah.

Masih kata Hamzah, perjanjian kerja sama tersebut terlaksana dengan seluruh fakultas, Program Pasca Sarjana, lembaga penelitian, dan perpustakaan USI. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pembangunan daerah dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia," tandasnya. 

Rektor USI Dr Sarintan Efratani Damanik MSi  mengaku sangat bahagia dapat menjalin MoA dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Pematang Siantar. Ia berharap mahasiswa USI nantinya dapat melakukan magang di bidang arsip dan perpustakaan.

“Universitas Simalungun tetap akan melaksanakan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Melalui kerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan, mahasiswa dapat melakukan MBKM-nya dengan magang. Tindak lanjut daripada MoA ini dengan fakultas, akhirnya nanti setiap fakultas akan memberikan kesempatan bagi pegawai bidang perpustakaan untuk melakukan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Pematang Siantar,” terangnya.

Sarintan menambahkan, MoA tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan literasi pendidikan bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari segala sesuatu peningkatan sumber daya manusia yang ada di USI.

Turut hadir di acara penandatanganan MoA tersebut, Plh Sekretaris Daerah Kota Pematang Siantar Junaedi Antonius  Sitanggang SSTP MSi, seluruh Dekan di USI,  Direktur Program Pasca Sarjana, Kepala Penelitian Universitas, dan Kepala Perpustakaan USI. (*/tag)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.