Header Ads



Pelaku Ganjal ATM Asal Pematang Siantar Ditangkap di Padang

Padang, Seorang pria berinisial DS (48), asal Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, dipergoki masyarakat sekitaran Universitas Putra Indonesia (UPI), Kota Padang, diduga hendak melakukan pengganjalan mesin ATM. Pria itu pun diserahkan ke polisi.

BACA JUGA  Driver Ojek Online Korban Kebakaran di Perumahan Asido Siantar, Lihat Vidionya

DS, pelaku penipuan modus ganjal ATM usai ditangkap saat beraksi di Padang (Istimewa)
Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Dedy Andriasyah Putra membenarkan kejadian itu. Menurutnya, pelaku diamankan oleh jajarannya pada Sabtu (30/9), di Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

“DS ini tersangka yang diduga pelaku perkara pencurian atau penipuan dengan modus mengganjal mesin ATM. Dia diamankan oleh anggota Satlantas Polresta,” kata Dedy dalam keterangan tertulis yang diterima detikSumut, Minggu (1/10/2023).

Lebih lanjut, Kompol Dedy menyebut modus DS beraksi dengan cara merusak sistem mesin ATM sampai error. Mesin ATM itu dibuat pelaku error dengan cara dikasih lem pada tombol ‘cancel’. Setelah sistem error, pelaku membuat imbauan dengan kertas untuk menghubungi nomor teleponnya.

“Pelaku membuat tulisan sekitaran mesin ATM, tulisan mengarahkan masyarakat. Lalu dia juga menyertakan nomornya. Dalam nomor itu dia mengaku sebagai petugas Bank. Dia juga memantau korbannya sekitaran mesin ATM,” ungkapnya.

“Setelah modusnya sudah siap, kalau ada masyarakat yang menghubungi nomornya, dia langsung menanyakan tanggal lahir dan pin ATM. Setelah memperoleh, dia sampaikan sistem ATM ada gangguan, dan mengarahkan korbannya datang ke kantor pusat bank,” sambungnya.

Saat diamankan, menurut Kompol Dedy, pelaku mengakui belum berhasil melancarkan aksinya di Kota Padang. Namun pelaku menurutnya sudah pernah berhasil menipu salah seorang masyarakat di Kota Pariaman.

“Untuk di Padang dia belum berhasil, tapi di Pariaman sudah. Ada masyarakat yang kena tipu sama dia,” tutupnya. (detik/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.