Header Ads



Anak Siantar, Intan Josefin Purba, Juara I Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi 2023

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut hangat kehadiran Intan Josefin Purba, Juara I Pemuda Polopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023, di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, Senin (30/10/2023) sore.

Intan merupakan Anak Siantar, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak tahun 2019, Intan sudah mengolah sampah menggunakan Black Soldier Fly (BSF), tepatnya saat sedang menyusun skripsi sebagai Sarjana Biologi di ITB.

Selanjutnya, Intan bekerja di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, sebagai tenaga ahli BSF di PLTP Geo Dipa Energi, untuk menciptakan teknologi dan inovasi budidaya Maggot BSF di lahan dingin menggunakan listrik dari PLTP. 

"Lalu, tahun 2022, saya melanjutkan dengan KELOLA dalam inovasi pengolahan sampah organik di Siantar, yang mengolah sampah  sekitar 200-500 kilogram per hari nya menggunakan Maggot BSF," terang Intan.

dr Susanti mengaku bangga dengan Intan, putri Pematang Siantar yang berkarya dan berprestasi di tingkat nasional. 

Menurut dr Susanti, inovasi terkait sampah menggunakan metode BSF ini, merupakan terobosan baru. Sebab sampah merupakan masalah bersama hingga di tingkat nasional.

"Idenya luar biasa, gagasan yang tidak ternilai dengan memanfaatkan sekitarnya," sebut dr Susanti. 

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan tersebut, dr Susanti berharap ada Intan-Intan lain dari Kota Pematang Siantar, yang terus berkarya dan melakukan inovasi sampai di tingkat nasional. 

"Ini sangat luar biasa. Terima kasih buat Intan yang telah membawa nama Kota Pematang Siantar di kancah nasional," tutur dr Susanti. 

Usai bertemu dr Susanti, Intan mengaku terharu atas sambutan hangat dari orang nomor satu di Kota Pematang Siantar itu.

"Pertemuan dengan kekeluargaan. Ibu Wali Kota sangat lembut dalam tutur kata, saya merasa sangat terapresiasi," sebut Intan.

Didukung pengalaman berorganisasi di Toba Caldera Geopark Youth, SDGs Marathon, menjadi salah satu poin penilaian juri. Termasuk kelinieran pengetahuan menjadikan Intan dapat disebut sebagai Pemuda Pelopor.

Intan pun mendapatkan piagam penghargaan dari dr Susanti sebagai salah satu Pemuda Berprestasi Kota Pematang Siantar Tahun 2023. Seyogianya, Intan menerima piagam penghargaan tersebut bersama 11 Pemuda Berprestasi lainnya, dari dr Susanti pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, di halaman Bali Kota, Sabtu (28/10/2023) lalu. Namun Intan tidak bisa hadir karena mendapat undangan untuk mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Nasional di Jakarta. (rel/tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.