Header Ads



Pendeta HKBP Bonar H.Lumbantobing Meninggal Dunia, Ini Kenangan Keluarga Alm Ephorus Pdt.Justin Sihombing

Siantar, Kabar duka menyelimuti keluarga besar Gereja HKBP, Pdt Bonar H. Lumbantobing, MTh meninggal dunia pada, Kamis (28/9/2023) sekira pukul 06.15 Wib.

Hal ini disampaikan Gerda Sihombing Putri almarhum Pdt Justin Sihombing ( Ephorus HKBP 1942-1962) kepada lintaspublik.id, bahwa sebelumnya Pendeta Pdt Bonar H. Lumbantobing mengalami kecelakaan dan dirawat di Rumah Sakit di Medan.

BACA JUGA  Meninggal 101 Tahun, Ini Pesan Istri Ephorus HKBP Alm.Pdt.Justin Sihombing

Pdt Bonar H. Lumbantobing Semasa Hidup, dan Karya Bukunya Hidup DOA Bibelvrow Lamian Saragih/ist
"Benar amang pendeta yang kami kasihi telah meninggal, saya mendengar kabar tadi Pukul enam pagi. Saat ini kami masih menunggu dimana nantinya amang pendeta disemayamkan," kata Gerda Sihombing sedih saat menunggu kedatangan jenazah Pdt Bonar H. Lumbantobing di Pematang Siantar.

Gerda juga menceritakan, bahwa 2 (dua) tahun sebelumnya Pdt Bonar H. Lumbantobing telah menyelesaikan tugasnya menuliskan buku biografi Ny. Ephorus Pdt Justin Sihombing dengan judul " Hidup DOA Bibelvrow Lamian Saragih"  pada Juni 2020.

"Keluarga besar almarhum Pdt Justin Sihombing sangat berterimakasih atas karya penerbitan buku Biografi itu yang ditulis amang Pdt Bonar H. Lumbantobing, pada saat itu ibunda Bibelvrow Lamian Saragih masih hidup, dan kami sangat bahagia sekali," ungkap Gerda Sihombing, setelah beberapa bulan peluncuran buku ibundanya Bibelvrow Lamian Saragih meninggal pada Nopember 2020.

BACA JUGA  Ephorus HKBP Ajak Jemaat Doakan Pdt Bonar Lumbantobing, Ini Penjelasan Lengkap Kantor Pusat

Foto kenangan Alm Pdt. Bonar Lumban Tobing dan Alm.Bibelvrow Lamian Saragih bersama Ephorus HKBP Pdt DR.Robinson Butar-butar/ist

Alami Kecelakaan 

Sebelumnya rombongan Pdt. Bonar Lumbantobing, salah satu korban lakalantas di Tebing Tinggi pada bulan lalu, tepatnya pada  Rabu (16/8/23) sekira pukul 12.10 Wib di Perlintasan rel Sebidang yang tidak berpalang pintu Jalan Lama Kelurahan Sri Padang Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.

Selama satu bulan dua belas hari Pdt.Bonar H. Lumbantobing dalam perawatan medis di Rumah Sakit di Medan, dan  meninggal dunia di usia 72 tahun, di salah satu Rumah Sakit di Medan (28/9/2023).

Puluhan tahun Pdt. Bonar Lumbantobing mendedikasikan dirinya sebagai pengajar atau Dosen di STT HKBP Pematangsiantar. Pelayanannnya cukup banyak dirasakan diwilayah Pematang Siantar, kabupaten Simalungun, dan sebagain besar wilayah Sumatera Utara.

Selain sebagai Pendeta, Dosen, pendeta Pdt. Bonar Lumbantobing juga penulis buku, dan pemerhati budaya batak.

"Kami terakhir berbincang tentang budaya batak, bagaimana ulos agar tetap lestari dan dicintai generasi muda batak," demikian kata Gerda Sihombing, ternyata gagasan  Pdt Bonar Lumbantobing itu tidak tersampaikan hingga akhir hayatnya.

Bukan hanya itu, keteladanan iman juga ditebarkan beliau melalui kerendahan hati, keramahan dan kesederhanaan hidup.

" Kedukaan kami sangat terasa sekali, karena Pdt Bonar Lumban Tobing sangat dekat dengan keluarga besar Alm.Pdt Justin Sihombing, khususnya kepada mama kami almarhum Bibelvrow Lamian Saragih. Keteladanan iman beliau sampai kepada keluarga kami, biarlah Tuhanlah menghibur dan menguatkan inang Erlina Christiana Dinaria Pardede dan seluruh keluarga," tutupnya.  (tag/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.