Header Ads



Kolonel Lukman Pimpin Langsung Pemusnahan Ladang Ganja di Mandailing Natal

Madina, Komandan Resort Militer 023/Kawal Samudra Kolonel Inf Lukman Hakim turun dan memimpin langsung pemusnahan ladang ganja di Perbukitan Tor Sihite, Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara. Ada 3 hektar ladang ganja ditemukan dalam operasi Kamis (21/9/2023) siang itu.

Danrem 023/KS Kolonel Lukman dalam pemusnahan ladang ganja di Tor Sihite, Madina, Kamis (21/9/2023). (Samman/MetroDaily)
Kolonel Lukman mengungkapkan, pemusnahan perkebunan tumbuhan yang diklasifikasikan sebagai narkoba ini, merupakan tindaklanjut penemuan ladang sebelumnya dalam persiapan medan latihan uji satuan tempur (UST) Batalyon Infanteri 123/Raja Wali.

Kemudian dari laporan intelijen, ladang ganja lainnya ditemukan di titik yang masuk di daerah administasi Desa Ranto Natas, Kecamatan Panyabungan Timur.

Kolonel Lukman pun turun langsung memimpin penyisiran di lokasi yang telah dideteksi. Bersama prajurit TNI lainnya, tim ini menyusuri perbukitan dari Desa Ranto Natas, dengan perjalanan selama enam jam.

Setibanya di lokasi yang dituju, Danrem 023/KS itu pun menyaksikan langsung ladang ganja yang diukur kurang lebih seluas 3 Ha. Dengan usia bervariasi dan berjumlah kurang lebih 35 ribu batang, rata-rata tanaman Cannabis Sativa itu telah memasuki usia panen.

“Selanjutnya tim melaksanakan pemusnahan dengan cara dicabut dan dibakar. Pemusnahan sebagai bentuk komitmen TNI AD khususnya Korem 023/KS dalam rangka pemberantasan dan peredaran narkoba yang dapat merusak generasi bangsa,” ucap Kolonel Lukman, yang diteruskan Pasi Pers Korem 023/KS Mayor Inf Jon Efendy Situmeang, Jumat (22/9/2023).

Usai kegiatan pemusnahan lahan ganja, Danrem kemudian memberikan bantuan bibit pertanian kepada masyarakat. Agar kebiasaan bertani ganja beralih kepada pertanian jenis tanaman yang resmi dan menghasilkan. Seperti kopi, jagung, pepaya california. Selain itu, masyarakat juga diberikan pupuk cair jenis Bios.

“Agar masyarakat beralih dari menanam ganja menjadi menanam tanaman yang bermanfaat dan tidak melanggar hukum,” katanya yang juga menyalurkan bantuan sembako, serta makan tambahan untuk anak stunting dan prasarana olahraga kepada masyarakat.

Selain Danrem, dalam pemusnahan ladang ganja turut diikuti Kasi Intel Rem 023/KS Letkol Inf Budy Suradi, Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution, Danyonif 123/RW Letkol Inf Emick Chandra Nasution, Dantim Intel Kapten Arh H Pasaribu, serta Prajurit Yonif 123/RW. (metrodaily/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.