Header Ads



Sosok Pratu Agung Pramudi Laksono yang Gugur Saat Baku Tembak dengan KKB Papua, Istri Hamil 5 Bulan

Jakarta, Berikut ini sosok Pratu Agung Pramudi Laksono, prajurit TNI AL yang tewas ditembak KKB Papua. 

Pratu Agung dikabarkan tewas tertembak di wilayah Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan pada Senin (21/8/2023) kemarin.

Pratu Agung meniggalkan seorang istri yang sedang hamil 5 bulan.

Pratu Agung Pramudi Laksono, prajurit marinir TNI AL gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pada Senin (21/8/2023) dan ilustrasi KKB.
Kepergian Pratu Agung Pramudi Laksono yang gugur tertembak KKB di di Pos Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Distrik Dekai, Yahukimo, Papua Pegunungan meninggalkan duka mendalam.

Pratu Agung merupakan anggota TNIAL asal Desa Tegowanukulon, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Pratu Agung masih berusia muda, 27 tahun.

Ia lahir di Grobogan pada 15 September 1996.

Merupakan anak keempat dari Parjan, sedangkan ibu dari Pratu Agung juga sudah meninggal dunia.

Pratu Agung baru menikah tahun lalu dengan seorang wanita bernama Chila.

Sang istri pun saat ini tengah mengandung 5 bulan dan menetap di Jakarta.

Pratu Agung menempuh pendidikan Dikmata 36 pada tahun 2016.

Dirinya merupakan anggota Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI Angkatan Laut (AL) .

Sebelum bertugas di Papua, Pratu Agung bertugas di markas pasukan marinir ini di Cilandak, Jakarta Selatan.

Marinir TNI AL memiliki semboyan Jalesu Bhumyamca Jayamahe, yang artinya “Di Laut dan Darat Kita Jaya”.

Pasukan yang berjuluk Hantu laut ini dibentuk pada 15 November 1945 di sebuah kota kecil, Tegal, Jawa Tengah di era kepemimpinan Presiden Soekarno.

Kesatuan ini bertugas menjaga keamanan laut Indonesia dari berbagai ancaman.

Sebagai seorang prajurit elite TNI AL, Pratu Agung menjalani Pendidikan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), yaitu lembaga pendidikan pencetak prajurit Korps Marinir.

Kodikmar melaksanakan Pendidikan Lanjutan Perwira Marinir, Pendidikan Infanteri Marinir, Pendidikan Artileri Marinir, Pendidikan Kavaleri Marinir, dan Pendidikan Bantuan Tempur Marinir.

Kronologi penyerangan KKB

Pratu Agung gugur dalam pertempuran melawan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) Papua di wilayah Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan pada Senin (21/8/2023) kemarin.

Ketika itu Pratu Agung yang bertugas di pos Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI AL di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan mendapatkan serangan dari KKB Papua.

 

 Baku tembak pun tak terelakan.

Prajurit TNI yang bertugas di pos Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI AL langsung memberikan perlawanan dengan membalas tembakan dari KKB Papua.

Pos yang berlokasi di Jalan Yahuli, Paradiso Bawah Kilometer 6 Distrik Dekai tersebut merupakan pos baru yang sedang dibangun.

Tembakan beruntun yang dilakukan oleh KKB mengenai kepala Pratu Agung hingga akhirnya prajurit TNI AL tersebut gugur.

Pratu Agung sebelumnya sempat dilarikan ke RS Dekai.

Namun karena luka parah yang dideritanya, Pratu Agung Gugur.

Pascaserangan KKB Papua tersebut, situasi di Dekai cukup mencekam.

Masyarakat di Distrik Dekai diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah

"Saat ini aparat keamanan di Dekai masih bersiaga guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan," kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri dikutip dari Tribun Papua.

Sementara Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo membeberkan motif penyerangan KKB Papua terhadap pos Satgas TNI-Polri tersebut.

Menurut Tommy, penyerangan itu diduga dipicu ketidaksenangan KKB Kodap XVI Yahukimo dengan pembangunan pos Satgas TNI-Polri di kawasan tersebut.

Saat baku tembak terjadi di Pos Camar Marinir, langsung dilaporkan ke Pos Kotis Yonif 7/ Marinir via HT.

Selanjutnya, 2 SST personel Satgas Yonif 7/ Marinir dipimpin Dansatgas Yonif 7/ Marinir Letkol Mar Alex Zulkarnain bergerak dari Pos Kotis Yonif 7/ Marinir menuju ke Pos Satgas Yonif 7/ Marinir (Pos Camar) pukul 11.20 WIT.

Dansatgas Yonif 7 Marinir dibantu personel Satgas Damai Cartenz kemudian mengevakuasi satu orang korban luka tembak dengan menggunakan kendaraan dinas dikawal rantis Brimob.

"Korban luka tembak mendapatkan penanganan medis di RSUD Dekai hingga tenaga medis menyatakan personel Satgas Yonif 7/ Marinir meninggal dunia pukul 12.40 WIT," ujar Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/8/2023).

Warga diminta tenang Dandim meminta warga di Dekai tetap tenang.

"Masyarakat diminta tenang, patroli gabungan digalakkan demi memberikan rasa aman," kata Tommy.

Dia memastikan tidak ada warga Dekai yang mengungsi usai kontak tembak.

Situasi saat ini relatif kondusif. Anggota tetap siaga untuk mengantisipasi gangguan susulan yang mungkin terjadi.

 

"Saat ini anggota TNI-Polri bersiaga guna mengantisipasi terjadinya kasus penembakan yang dilakukan KKB," katanya.

Jenazah Dimakamkan

Jenazah Pratu Agung Pramudi Laksono sempat disemayamkan di Aula Koramil Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kemudian, jenazah Pratu Agung Pramudi dijadwalkan di evakuasi ke Jayapura pada Selasa (22/8/2023) dan selanjutnya diterbangkan ke Jakarta.

Diketahui, Pasukan Korps Marinir TNI AL turut melakukan operasi Pengamanan Perbatasan RI di Papua tahun 2023.

Pelepasan prajurit marinir digelar di Stadion Mini Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan, pada Kamis (18/5/2023) lalu.

Saat pelepasan prajurit marinir tersebut, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo didampingi Wakil Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Suherlan melaksanakan pemeriksaan terhadap kesiapan personel dan material.

"Kalian adalah prajurit-prajurit pilihan kebanggaan Korps Marinir TNI AL yang akan mengemban tugas Pamtas RI-PNG Mobile Papua, oleh karenanya embanlah tugas ini dengan sebaik-baiknya. Khususnya yang akan berangkat tugas Pamtas RI-PNG Mobile Papua," tegas Waasops Kasal saat itu.

"Fokuslah kepada pelaksanaan tugas, para prajurit harus bisa menjaga semangat serta memotivasi diri dan jagalah mental serta semangat juang selama pelaksanaan tugas di daerah operasi,"sambungnya.

Setelah pelepasan, Jenazah anggota Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI AL, Pratu Agung Pramudi Laksono yang menjadi korban penembakan KKB diterbangkan ke kampung asalnya.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo mengatakan, jenazah Pratu Agung Pramudi Laksono saat ini sudah diterbangkan dari Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, dengan menggunakan pesawat CN 235 ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Setelah itu akan diterbangkan ke Jakarta dan selanjutnya dimakamkan di kampung halamannya di Grobogan, Jawa Tengah," ujar Tommy.

Jenazah korban sempat dibawa ke Jakarta lalu dibawa pulang ke Tegowanu, Grobogan.

Janazah Pratu Agung telah dimakamkan di i TPU Purwosari, Desa Tegowanukulon, Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan, Rabu (23/8/2023).

Para tetangga pun kompak mengibarkan bendera setengah tiang uantuk menghormati kepergian Pratu Agung saat menjalankan tugas. ( tribunnetwork /t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.