Header Ads



Dihadiri Tokoh Agama, Wali Kota Siantar Tepung Tawari Haji yang Kembali dari Tanah Suci

Siantar, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH dan Forkopimda memberikan tepung tawar kepada para jamaah haji/Hajjah 

Wali Kota Siantar Tepung Tawari Haji yang Kembali dari Tanah Suci
Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH dan Forkopimda menyambut dan memberikan tepung tawar kepada jamaah haji/hajjah yang baru kembali dari Tanah Suci. Acara tepung tawar diadakan di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, Rabu (26/07/2023). 

Mengawali  sambutannya, dr Susanti mengucapkan selamat datang kembali kepada jamaah haji/hajjah di Kota Pematang Siantar.

"Ada rasa haru dan bahagia dalam acara tepung tawar pemulangan jamaah haji. Ada rasa bahagia dengan menyempurnakan ke-Islaman dengan menjalankan ibadah haji," sebut wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar ini.

dr Susanti menuturkan, dengan kembalinya ke tengah keluarga dan masyarakat, jamaah haji/hajjah diharapkan dapat memberikan teladan. Sehingga bersama-sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dan seluruh stakeholder dapat bergandengan tangan membangun Kota Pematang Siantar untuk mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Momentum acara ini, sambung dokter spesialis anak itu, juga menjadi ajang silaturahmi dan saling memaafkan.

“Karena kita manusia biasa yang tidak luput dari dosa dan kesalahan,” tukasnya.

Dilanjutkan mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih itu, ketika jamaah haji masih berada di Tanah Suci, mereka sempat melakukan zoom meeting. Saat itu, dr Susanti dan jamaah haji berdoa bersama-sama melalui zoom meeting. 

“Insya Allah, doa bapak/ibu diijabah Allah, dan Kota Pematang Siantar dapat lebih baik lagi saat ini dan dengan situasi kondusif. Ini semua berkat doa kita semua, termasuk doa bapak/ibu ketika berada di Tanah Suci saat itu," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti menuturkan Pemko Pematang Siantar tetap menanti masukan-masukan agar pelaksanaan ibadah haji di tahun berikutnya dapat lebih baik dan lebih maksimal. 

"Tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama Kota Pematang Siantar dan seluruh stakeholder penyelenggara ibadah haji. Sejak keberangkatan, termasuk mulai manasik haji, tepung tawar, pemberangkatan, kemudian pemulangan, serta tepung tawar yang kita laksanakan saat ini," tutur alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta ini. 

Acara yang juga dihadiri Ketua MUI Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) MUI ke-48. Dalam hal ini, dr Susanti mengharapkan agar MUI dapat terus berkembang dan berjaya untuk melayani masyarakat lebih baik lagi.  

Sebelum menutup sambutannya, dr Susanti juga mengucapkan terima kasih kepada Pdt Mithun Krisna dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Chandra dari Perwakilam Ulam Buddha Indonesia (Walubi) yang telah hadir dan bersama-sama di acara tersebut. 

dr Susanti juga berharap agar keberagaman di Kota Pematang Sianțar dapat terus terawat dan menjalani hidup rukun dalam keberagaman.

"Keberagaman itulah menjadi kekuatan kita, untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan di Kota Pematang Siantar yang kita cintai ini," tutup dr Susanti. 

Sementara itu, H Ali Muda Lumban Tobing perwakilan jamaah haji dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti yang telah memberikan perhatian khusus kepada para jamaah haji, mulai pemberangkatan hingga tiba di Kota Medan. 

Ali Muda menilai dr Susanti merupakan sosok pemimpin dan mengayomi.

"Sudah seperti ibunda, besar kali perhatian ibu wali kota kepada kami," ungkap Ali. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada perwakilan jamaah haji oleh dr Susanti dan penyerahan bale dari jamaah haji kepada dr Susanti. Dilanjutkan dengan tepung tawar oleh dr Susanti dan Erizal Ginting, diikuti sejumlah unsur Forkopimda. 

Hadir pada kegiatan ini,   Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol Hendrik Situmorang Kabag SDM, mewakili Dandim 0207/Simalungun Kapten M Saragih, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pematang Siantar yang diwakili oleh Luhut Ritonga, Ketua BKMT Hj Ernayati Saragih, para Staf Ahli, Asisten, sejumlah pimpinan OPD, serta camat. (rel/roy/t)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.