Header Ads



dr Susanti Ajak Kader Posyandu Cegah Stunting Sejak Dini

Siantar, Para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) diharapkan serius mengikuti pelatihan. Sebab Posyandu merupakan salah satu sarana untuk mencegah stunting sedini mungkin.

Hal itu disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya saat menghadiri Pelatihan Kader Posyandu Lomba Kreasi Makanan Bergizi Cegah Stunting Tahun 2023, di Hotel Horison Pematang Siantar, Rabu (03/05/2023) pagi. 

dr Susanti Ajak Kader Posyandu Cegah Stunting Sejak Dini  
dr Susanti menjabarkan, di tahun 2022 Kota Pematang Siantar ditetapkan di lokus stunting, dan berada di angka 14 persen. Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu optimis di tahun 2024, angka stunting menjadi 8,9 persen. 

"Tentunya dengan kolaborasi bersama untuk melakukan pencegahan stunting sedini mungkin," sebut dokter spesialis anak tersebut.

"Marilah bergandengan tangan untuk Kota Pematang Siantar Bangkit dan Maju demi Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tutup wali kota perempuan pertama di Kota Pematang Siantar itu.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH menyampaikan, Posyandu merupakan sarana penting di dalam masyarakat yang mendukung upaya pencapaian derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan Pelatihan Kader Posyandu, lanjut Erizal, diharapkan dapat menyegarkan pengetahuan dan keterampilan para kader Posyandu dan kaum ibu dalam melaksanakan kegiatan Posyandu, terutama deteksi dini stunting demi terwujudnya masyarakat yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Lebih lanjut, Erizal yang juga Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar itu menambahkan, kegiatan pelatihan tersebut juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader Posyandu  tentang cipta menu keluarga yang menarik dan bergizi dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Pematang Siantar.

Ditambahkannya, ada tiga narasumber dalam pertemuan tersebut, yakni Juli Oprianty SKM yang merupakan tenaga ahli Gizi di bidang kesehatan dengan judul materi Gizi Seimbang; Chef Frengky dari Hotel Horison dengan judul materi Cipta Menu Bervariasi dan Bergizi; serta Rasta Eliya Ginting SKM dari TP PKK Kota Pematang Siantar dengan materi Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting.

Pertemuan dilaksanakan dengan penyampaian materi oleh para narasumber, diskusi, dan tanya jawab.

Turut hadir, sejumlah pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar dan organisasi profesi kesehatan. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.