Header Ads



300 Orang Terjangkit HIV- AIDS di Simalungun, Ini Sebaran Lokasinya

Simalungun, Populasi terjangkit Penyakit yang Mematikan HIV- AIDS  di Simalungun sudah berkisar 300 orang, sehingga di harapkan Warga Berhati- hati dan tidak Sembarangan jajan.

BACA JUGA  Terungkap! Ini Dugaan Penyebab Kematian Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan

Konselor kelompok Dukungan Sebaya( KDS) Hardiman Selasa (23/5) di hotel Sapadia Pematang Siantar
Konselor kelompok Dukungan Sebaya( KDS) Hardiman Selasa (23/5) di hotel Sapadia mengatakan  ada sekitar 300 kasus Yang terjangkit HIV di Simalungun dan Pengobatannya Di layanan Di Puskesmas Batu Anam 200 lebih.

Sementara di Tapian Dolok 13 kasus di Tanah Jawa 8 kasus para Pengidap HIV ini tersebar di beberapa tempat di daerah Aek Liman, Tanjung Dolok, Adian Padang,Pagok 1, Pagok 2 menurut Pengakuannya mereka sudah memberikan Sosialisasi tentang Pencegahan dan Cara Memakan Obat yang teratur, dan tingkat kematian masih 10 Persen.

"Kalau ada yang sudah terindikasi, Si Penderita  Rajin  berobat  Virus HIV akan lemah  dan  sesering mungkin memeriksakan VL ( Viralut )," ujarnya yang juga sebagai Pengidap HIV selama 7 tahun. 

Edwin Simanjuntak Kadis Dinas Kesehatan Simalungun mengatakan Penularan dari cairan darah, air kelamin, dan cairan Susu.dan bila ditangani dengan Baik dan Warga Paham  tentang Pencegahan dan mengabaikan Stigma Masyarakat, apalagi sekarang sudah ada juga Penanganan Pencegahan dari Komunitas.

"Kita  Berkoloborasi dengan komunitas itu untuk Penangana Penyakit Menular HIV- AIDS  serta obat kita sudah tersedia di setiap Puskesmas dan Gratis, dan kita selalu  kerjasama dengan KPA dan jenis obat ARV tetap Stanby karena obat itu tidak di Perjual Belikan."jelasnya. lind/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.