Header Ads



Ini Alasan Wanita di Toba Tolak Pemakaman Abang hingga Masuk ke Lubang Kubur

Toba,  Seorang wanita di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) menolak pemakaman keluarganya hingga masuk ke lubang kubur sambil membawa spanduk. Aksi wanita itu dipicu karena sengketa tanah dan dendam lama.

Wanita di Toba Tolak Pemakaman Abang hingga Masuk ke Lubang Kubur
Peristiwa itu diketahui terjadi di Desa Simatibung, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Kamis (30/3/2023). Saat melakukan aksinya, jenazah keluarga yang merupakan abangnya itu berada tepat di sebelah lubang kubur.

“Iya (saudara), adik abangnya ini. Ada dendam lama, sakit hati lama,” kata Kasi Humas Polres Toba, AKP Bungaran Samosir, saat dikonfirmasi detikSumut, Selasa (4/4).

Bungaran mengatakan keduanya sama-sama mengklaim sebagai pemilik tanah yang hendak dijadikan makam tersebut. Bahkan, keduanya berdalih telah memiliki sertifikat atas tanah itu.

“Katanya dia (wanita) sudah punya sertifikat, sementara yang almarhum itu pun sudah punya sertifikat,” ujarnya.

Dia mengaku permasalahan tanah antara keduanya itu sudah berlangsung cukup lama. Bahkan, sudah sampai ke pengadilan.

Namun, kata Bungaran, sebelum pemakaman itu, pihak kecamatan setempat sudah sempat mempertemukan wanita itu dengan keluarga almarhum.

“Jadi, sebelum penguburan jenazah itu sudah dirapatkan dengan Muspika di Kecamatan Laguboti. Makanya mereka pun bingung kok ada penghambatan lagi,” sebutnya.

Usai aksi itu, Bungaran mengaku pihaknya langsung menerjunkan sejumlah personel untuk mengkondusifkan lokasi. Alhasil, pemakaman baru bisa dilakukan pada malam hari.

“Setelah itu, diedukasi, diturunkan lah polwan untuk meredakan. Jadi, mereka naik dari galian itu. Akhirnya, dikuburkan juga, malam penguburannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam video viral yang dilihat detikSumut, tampak ada seorang wanita berambut pendek berada di dalam lubang kubur dan mondar-mandir sambil mengangkat sebuah spanduk.

Spanduk itu bertuliskan ‘Tanah ini milik Hermanus Manis Hutabarat, sesuai putusan pengadilan Nomor: 122/Pdt-G/1981PN.Blg. Luas + 10.500 m²’. Aksi wanita tersebut direkam dalam video dan viral di media sosial.

Sementara di samping lubang kubur tersebut tampak sebuah sebuah peti yang diduga berisi jenazah. Jenazah itu rencananya akan dikuburkan di dalam lubang kubur tempat wanita tersebut melakukan aksinya. Warga sekitar juga tampak ramai di lokasi tersebut. detik/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.