Header Ads



Makin Cinta Budaya Batak, Boru Jawa Ini Bertenun ULOS BATAK Selama 12 Tahun

Simalungun, Nama Lengkapnya Tika Lestari, akrab disapa Tika seorang Perempuan Jawa (Boru Jawa/batak,red), dirinya sejak Gadis  sudah menekuni tenun Ulos.

Disambangi dikediamannya di Huta Silaumalaha kecamatan Siantar, kabupaten Simalungun, Tika mengatakan, bahwa dirinya sudah menekuni Ulos sejak tahun 2010.

BACA JUGA  Kompleks SBC untuk Bisnis Bukan "Terminal", Paradep Taxi di Warning 6 Bulan?

Tika Lestari Boru Jawa Bertenun ULOS BATAK Selama 12 Tahun KLIK VIDIONYA 

"Sudah sejak tahun 2010 bertenun Ulos, awalnya lihat-lihat kakak saja bertenun. Karena ada waktu senggang akhirnya aku belajar, dan menekuninya mulai gadis sampai sekarang,"kata Lestari, Rabu (15/3/2023).

Menurut Tika, sejak dirinya menekuni Ulos, semakin lama-semakin cinta budaya Batak.

"Enak lihatnya Ulos ini bang, coraknya cukup menarik, jadi makin lama saya semakin tertarik dan mencintai Ulos,"ucap istri Abdi Naibaho ini.

Ketika ditanya apa kendala menekuni Ulos, Tika hanya mengharapkan agar harga benang stabil.

"Kita harapkan harga benang stabil, karena harga jual juga tetap. Belakangan ini harga benang naik, sementara harga Ulos yang kami jual masih tetap," ujarnya.

"Kalau waktu banyak bisa dapat sampai 12 meter.  Yah, namanya sambilan urus anak-anak seberapa pun dapat syukurilah, biar ada nambah-nambah kesibukan dirumah,"tambah Tika, bahwa selain bertenun dirinya bersama suami juga berladang dan bertani. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.