Header Ads



TNI Meriahkan Perayaan Cap Go Me di Siantar, Walubi : Siantar Kota Paling Toleran

Siantar, Dihadiri Muspida Plus. Perayaan Cap.Go Meh Di Pematang Siantar Aman Dan Kondusif. Ini terlihat ratusan warga Pematang Siantar hadir menyaksikan perayaan malam Cap Go Meh (Hari ke – 15 setelah perayaan Hari Raya Imlek 2574 Tahun 2023) di Kota Pematang Siantar.

Perayaan  yang dihadiri Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Plus tersebut  berlangsung sukses dan kondusif.

Perayaan dilaksanakan oleh DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Pematang Siantar dengan kegiatan pawai Barongsai dan Naga yang dipusatkan di Jalan Merdeka Depan Kantor Balai Kota Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar Sumatera Utara, Minggu (5/2/2023) dimulai jam 20.00 Wib.

BACA JUGA  Jadi Bagian Keluarga JMSI, Ini Kata Susanti Tentang Profesi Jurnalis

Tarian Naga yang dibawakan oleh personil dari Yonif 122/Tobak Sakti
Ketua DPD Walubi Kota Pematang Siantar A Leng atau sering dipanggil Susanto melalui Candra mengatakan acara pawai Barongsai dan Naga dengan rute Start dari depan Balai Kota Jalan Merdeka – Jalan Soasio – Jalan Sutomo dan finish kembali di depan Balai Kota Jalan Merdeka.

Dikatakan  Candra Barongsai dipersembahkan oleh Vihara Avalokitesvara sementara Naga dipersembahkan oleh Tentara Nasional Indonesia Batalyon 122 Tombak Sakti.

Sebelum rombongan melaksanakan  pawai yang diberangkatkan Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani  Barongsai dan Naga terlebih dahulu antraksi di depan balai kota.

Sementara dalam sambutannya Candra mengatakan perayaan Cap Go Meh kali ini merupakan sejarah baru dimana perayaan Cap Go Meh dirayakan bersama dengan TNI yakni dari Yonif 122/ Tombak Sakti (TS).

BACA JUGA Final UFC, Jeka Saragih Kalah TKO Lawan Anshul Jubli

Walikota Siantar dr.Susanti Saat Memukup Gong Dimulainya Peryaan Cap Go Me di Siantar/ist

“Malam ini merupakan kolaborasi antara Walubi dengan TNI yang dirayakan bersama masyarakat bukan hanya dari etnis Tiong Hoa tetapi ikut juga masyarakat lokal yang menunjukakn toleransi di Pematang Siantar tetap terjaga, Malam ini momen terindah untuk mewujudkan toleransi. Adanya kesuksesnya Perayaan Cap Go Me Ini membuktikan Siantar Paling Toleran di Indonesia, dan ini akan kita rayakan bersama setiap tahunnya,”ujarnya.

Walikota Pematang Siantar dr Suaanti Dewayani SpA sebelum melepas rombongan pawai mengatakan Kegiatan ini penuh bahagia dan mengandung makna keberkahan murah rezeki. “Ditahun kelici air harapan kita semakin mudah rezeki, kemakmuran terwujud,”ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani,  ketua Dekranasda Pematang Siantar Erizal Ginting, Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando, pengurus Walubi Kota Pematang Siantar, kejari Pematang Siantar Jurist Sitepu SH MH, Dandim 0207 / Simalungun Letkol

Letkol Inf. Hadrianus Yossy S.B, S.I. Pem., M.Han, Sugiarto (Anggota DPRD Sumatera Utara) mewakili Danrem, Dan Yonif 122/TS  Letkol Inf Antoni Tri Wibowo , Ketua Walubi Sumut  Brilian Mukhtar dan Depag RI Kota Pematang Siantar. tag/t

BACA JUGA  dr Susanti Mengukir Sejarah di Siantar, Walikota Pertama Kunjungi Vihara dan Kelnteng Saat Imlek


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.