Header Ads



Morgan Simanjuntak Pemvonis Mati Ferdy Sambo Dipromosikan Jadi Hakim Tinggi

Jakarta,  Hakim Morgan Simanjuntak dipromosikan Mahkamah Agung (MA) menjadi hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau (PT Kepri). Morgan merupakan hakim anggota majelis yang menjatuhkan hukuman mati kepada Ferdy Sambo.

Hakim Morgan Simanjuntak menjadi salah satu hakim di sidang perkara pembunuhan
Yosua Hutabarat di PN Jakarta Selatan pada 17 Oktober 2022. HO 
“Hasil promosi dan mutasi Morgan Simanjuntak, jabatan lama hakim PN Jaksel, jabatan baru hakim PT Kepri,” demikian lansir Dirjen Badilum Mahkamah Agung (MA) dalam websitenya, Jumaat (24/2/2023). Tim Promosi dan Mutasi (TPM) MA terdiri dari pimpinan MA, Sekretaris MA hingga Dirjen Badan Peradilan Umum.

Morgan Simanjuntak menjatuhkan hukuman mati kepada Ferdy Sambo dengan Wahyu Iman Santoso dan Alimin Ribut.Morgan Simanjuntak mulai di PN Jaksel sejak 2021. Morgan merupakan hakim tunggal praperadilan RJ Lino dan menolak menghapus status tersangka RJ Lino. Saat dinas di PN Medan, Morgan juga pernah menjatuhkan hukuman mati ke bandar narkoba.

Morgan dkk kompak menjatuhkan hukuman mati ke Ferdy Samboo

“Mengadili, menyatakan terdakwa Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana dan tanpa hak melakukan perbuatan membuat sistem elektronik tidak berfungsi sebagaimana mestinya secara bersama-sama. Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Ferdy Sambo pidana mata,” kata hakim ketua Wahyu Iman Santoso saat membacakan amar putusan di PN Jaksel, Senin (13/2/2023).

Dalam TPM itu, MA juga mempromosikan hakim tinggi Karel Tuppu yang disebut berkali-kali di kasus korupsi. Yaitu dari hakim tinggi PT Surabaya menjadi hakim tinggi PT Jakarta. Di mana istri Karel Tuppu, Berthanatalia dihukum penjara karena menyuap Rohadi terkait putusan Saipul Jamil. Nama Karel Tuppu disebut-sebut dan sempat bersaksi di persidangan. detik.com/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.