Header Ads



Ternak Babi Sakit ASF, Ini Penjesalan Dinas Peternakan Humbahas

Doloksanggul, Ternak babi di Desa Mungkur Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan diserang penyakit ASF (African Swine Fever). ASF adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 % . Sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar.

Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas mengatakan kasus kematian ternak babi sudah berlangsung selama 1 minggu yang sebelumnya sudah terlebih dahulu terjangkit di Desa Sitanduk dan Simbara Kecamatan Tarabintang.  Sesuai dengan pemeriksaan klinis diduga kematian ternak babi diakibatkan serangan penyakit ASF.

Berdasarkan pengamatan dilapangan dan informasi dari masyarakat bahwa penyebaran penyakit disebabkan  lalu lintas ternak masuk dan penanganan bangkai ternak yang tidak baik. Mengantispasi semakin merebaknya kasus kematian babi itu, Dinas Peternakan dan Perikanan langsung mengambil tindakan, Selasa (17/1).

Melakukan penyemprotan desinfektan dan memberian desinfektan kepada Pemerintah Kecamatan untuk dapat dibagikan kepada setiap Kepala Desa untuk dilakukan penyemprotan di setiap kandang ternak. Melakukan pengobatan terhadap ternak sakit berupa pemberian antibiotik, anti radang, anti piretik dan vitamin. Dinas terkait juga menghimbau kepada masyarakat mengubur ternak yang mati dan tidak melakukan pembuangan bangkai ternak ke sungai apalagi melalukan pemotongan untuk dibagi-bagi.

Selanjutnya akan melakukan penyemprotan desinfektan dan pengobatan ternak dalam waktu dekat bekerja sama dengan pemerintah desa dan kecamatan. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.