Header Ads



Masjid di Garut Ludes Dibakar, Diduga Pelakunya ODGJ

Garut, Seorang warga berinisial E diamankan aparat karena membakar Alquran di dalam Masjid Al-Hidayah, Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut Jawa Barat terbakar, pada Minggu 22 Januari 2023 dilansir dari viva.co.id. Imbas aksi pelaku, Masjid Al Hidayah ikut ludes terbakar.

BACA JUGA  Pakai Baju Tradisi Cina Walikota Siantar Hadir Perayaan Imlek di Vihara, Lihat Vidionya

Masjid Al-Hidayah terbakar di Cogreg, Desa Lembang, Kabupaten Garut./dok.viva
Kapolres Garut, AKBP Rio Wahyu Anggoro menyampaikan pihaknya sudah mengamankan E yang diduga alami Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ. Sejumlah saksi mengatakan, E sebelumnya sudah beberapa kali melakukan perbuatan yang membahayakan orang lain. Salah satu aksi E yaitu mau membakar kios bensin eceran

"Ya, beberapa kali termasuk akan membakar POM mini. Namun, berhasil dicegah warga sebelum melakukan pembakaran di dalam masjid," kata Rio, saat dikonfirmasi pada Senin, 23 Januari 2023.

Dia mengatakan, saat ini, aparat sudah membawa E ke Mapolres Garut untuk dilakukan pemeriksaan kejiwaan. Pun, para saksi dan saksi ahli yang menyatakan E alami gangguan kejiwaan juga diminta keterangan. Rencananya, E akan dikirim ke rumah sakit jiwa untuk dilakukan pengobatan.


"Jadi, akan kami periksa kejiwaanya untuk lebih meyakinkan, kami juga akan mengundang para saksi maupun saksi ahli lainnya," tutur Rio. 

Rio menambahkan, pihaknya hari ini bersama jajaran Polres Garut juga melakukan pembersihan puing-puing masjid yang terbakar. Kata dia, Polres Garut akan kembali membangun masjid agar bisa dipergunakan kembali oleh masyarakat.

Pun, merujuk informasi yang dihimpun kebakaran Masjid Al-Hidayah di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut terjadi Minggu 22 Januari 2023 malam. 

Warga yang mengetahui kebakaran, langsung melakukan upaya pemadaman api yang mulai melahap bagian atap masjid. Para saksi mengatakan E diketahui masuk ke dalam ruangan penyimpanan Alquran di dalam masjid. 

Lalu, dia membakar Alquran menggunakan gasolin.  Tak lama, api cepat membesar dan membakar bangunan masjid. Kobaran api berhasil dipadamkan pada pukul 23.00 WIB.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Warga yang mengamankan pelaku E yang  merupakan ODGJ lalu menyerahkan kepada aparat kepolisian Polsek Leles. viva/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.