Header Ads



Bupati Dosmar Banjarnahor Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, saat mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94, di Lapangan Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (28/10/2022).

Bupati Dosmar Banjarnahor Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

Sambutan Menteri  Pemuda  dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali yang dibacakan Bupati Humbahas mengatakan peringatan  Hari   Sumpah  Pemuda adalah  upaya  kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran  kebaikan untuk dijadikan  teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana  menyikapi perbedaan  sikap  primordial,  suku, agama,  ras dan kultur,  serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan,  bukan sebagai faktor yang  melemahkan.   Sejarah  telah  menjelaskan   bahwa,   pilihan  pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun  visi kebangsaan  dengan  Sumpah  Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan  kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.  Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Saudara-saudara  sekalian,  peringatan  Hari   Sumpah  Pemuda  ini   selalu memiliki  arti   penting   karena   ancaman-ancaman    terhadap   kesatuan Indonesia  selalu  ada  bersamaan  dengan cita-cita  mewujudkan  kejayaan Indonesia.  Tema peringatan  Hari  Sumpah Pemuda saat ini  adalah "Bersatu Bangun Bangsa".  Tema ini memberikan  pesan  mendalam  bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan   pembangunan   peradaban   yang  unggul   sebagai  eksistensi bangsa Indonesia. Tema  ini  menjadi pengejawantahan nilai  agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang  akan datang. 

Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini  dan sepanjang masa.  Semangat untuk selalu  bersungguh-sungguh  membangun  Indonesia  yang  merdeka, berdaulat,   bersatu,  adil   dan  makmur  secara  dinamis  sesuai  konteks lingkungan strategis yang  selalu berubah.

Pemuda hari ini  adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.  Apa yang  dilakukan   oleh pemuda  di  masa  sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di  masa yang akan datang. Mandat  pemuda saat ini  adalah menjadikan  nilai-nilai persatuan  di  atas segala-galanya. Memandang keberagaman  sebagai anugerah yang berharga untuk  dirangkai menjadi  kekuatan  yang luar  biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi  besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi  tulang punggung untuk  kejayaan  bangsa  sepanjang masa.

Saudara-saudara sekalian, pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan   karakter   mulia   dan   pengembangan  kompetensi  dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi  adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para  pemuda  Indonesia.  Hanya bangsa  yang tangguh  yang mampu menjaga  eksistensi bangsa  dan memenangkan persaingan  dalam kancah global yang semakin keras.

Jika  kita  melihat  kondisi  pemuda  Indonesia   saat  ini,   maka  terdapat optimisme yang  penuh  harapan,   di   samping  masih  terdapat  beberapa tantangan yang tidak ringan. Kita patut bersyukur,  melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di  berbagai bidang yang membanggakan,  baik pada level nasional  maupun pada level  internasional.  Hal  ini  menjadi  modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran  dan  keterpurukan  dalam  tindakan  destruktif  yang tidak menguntungkan.

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif,  inovatif,  kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan,  agar pemuda dapat menghadapi' situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini,  bermula dari  Titik  Nol Ibu Kota  Nusantara,   kami  mengajak   seluruh   elemen  bangsa  menghimpun kekuatan  dan  semangat untuk  bergerak,  mendorong pemuda  Indonesia untuk   mengembangkan berbagai  potensi  yang  ada  demi    membangun kejayaan sepanjang masa. Kerja-kerja  kolaboratif antar  pihak  perlu   dikembangkan,  karena  upaya pembangunan  pemuda  tidak   bisa  dilakukan  secara  sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang  sinkron dan  harmoni.

Saudara-saudara sekalian, akhimya, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang  Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita  bersama membangun bangsa.  Semoga  Tuhan Yang Maha Esa,  Allah Yang Maha Kuasa  senantiasa memberikan kekuatan kepada kita   bersama untuk  mampu membangun persatuan  bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.

Selain dihadiri ASN, para Pemuda, TNI/Polri, anak sekolah dan elemen lainnya, Peringatan Sumpah Pemuda juga diikuti Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan,  SH,  MH,  Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin SIK, Kajari Humbang Hasundutan yang diwakili Kasi Intel Hendra Sinaga,  SH,  Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung Humbang Hasundutan,  Mayor inf. Ojak Simarmata dan Anggota DPRD Humbang Hasundutan. rel/tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.