Header Ads



Pdt.WTP Simarmata Mantan Ephorus HKBP Disemayamkan di UEM Pematangsiantar, Lihat Vidionya

SIANTAR, Sebelum Dimakamkan di Samosir Moderator UEM Alm. Pdt. Dr WTP Simarmata, MA di Semayamkan (Ibadah Singkat) di Kantor UEM Pematang Siantar, Selasa (21/6/2022) sekitar Pukul 05:30 Wib.

Acara ibadah singkat terlihat di live facebook Pimpinan brades Sijabat Jenazah Pdt. Dr WTP Simarmata diangkat dari mobil ambulans dan diletakan didepan kantor UEM di kompleks Kantor Pusat GKPS  jalan Pdt Wismar Saragih kota Pematangsiantar.

BACA JUGA  Suasana Duka Meninggalnya Pdt WTP Simarmata, Tinggalkan 5 Anak, Dimakamkan di Samosir

KLIK VIDIO Acara Persemayaman Pdt. WTP Simarmata Moderator UEM di Jalan Pdt J Wismar Saragih kota Pematangsiantar

Terlihat para pengurus UEM memberikan ucapan duka dan menyanyikan lagu-lagu rohani dan mengucapkan kata-kata penghiburan.

Diakun Facebook Vereinte Evangelische Mission (VEM) juga mengucapkan kehilangan seorang Moderator UEM, Jumat (17/6/2022)  demikian isinya :

"SIAPA berduka atas kehilangan tuan rumah mereka Pendeta Willem T. P. Tak bersenjata

United Evangelical Mission (VEM) berduka atas meninggalnya Akting Moderatornya Pdt. Dr. (h.c.) Willem Tumpal Pandapotan Simarmata yang meninggal dunia pada 17 tahun. Juni 2022 di Medan (Sumatra, Indonesia) meninggal dunia setelah lama sakit serius di usia 68 tahun

Teolog Indonesia datang ke VEM sebagai beasiswa pada tahun 1980-an dan berpengalaman sebagai gerejanya mendelegasikan proses transformasi dari mantan masyarakat misionaris Jerman ke komunitas gereja di Afrika, Asia dan D Jerman, lebih dari 26 ya RS yang lalu. Tidak hanya ia terkait erat dengan VEM, ia berpartisipasi aktif di dalamnya. Setelah delapan tahun berdedikasi dan sukses di Dewan Pengawas VEM, majelis paripurna memilihnya pada tahun 2016 sebagai moderator dan ketua dewan manajemen yang diduduki internasional.

LIHAT JUGA Adat Batak saurmatua "SIJAGARON"

"Bersama Pdt. Dr. Willem T. "P. Simarmata, sebagai VEM, kita kehilangan orang yang selalu secara terbuka menyatakan tanggung jawab Kristen kita terhadap orang-orang yang tertindas di masyarakat. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, ia secara visual telah mendampingi proses masa depan VEM dan menekankan peningkatan tanggung jawab anggota di Asia dan Afrika. Kami berutang begitu banyak padanya. Keluarga beliau turut berduka cita selama masa sulit ini,” ujar Pastor Volker Martin Dally, Sekretaris Jenderal VEM.

Pendeta Willem T. P. Simarmata milik Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), gereja injil terbesar di Indonesia, yang dipimpinnya dari 2012 hingga 2016. Sejak 2019, teolog juga telah melaksanakan komitmen sebagai Senator Sumatera Utara di tingkat politik. Karena sakitnya, ia sudah mengumumkan pensiun dari posisinya sebagai tuan rumah VEM tahun lalu.

VEM berkabung dengan seorang pemimpin karismatik yang selalu dilakukan oleh misi Kristen untuk mendukung kepentingan orang-orang yang tertindas di dunia. Penerus di kantor Moderator akan ditentukan oleh pemilu pada rapat paripurna VEM mendatang bulan Oktober tahun ini."tulis United Evangelical Mission (VEM).

 

 35 Negara Tergabung di UEM

Informasi dihimpun media, Kantor United Evangelical Mission (UEM) Asia adalah Pelayanan kegiatan-kegiatan  kekristenan Anggota UEM terdiri dari 35 negara di seluruh dunia.

Moderator UEM Pdt WTP Simarmata meminta agar gereja-gereja yang menjadi anggota UEM Asia dan di Indonesia khususnya, haruslah mengefektifkan pelayanan. Dia berharap pelayanan ke depan lebih diprioritaskan dalam pembangunan dan advokasi.

"Selamat untuk Kantor UEM yang baru di Kompleks Kantor Pusat GKPS, Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia,"tulis Pdt WTP Simarmata masa itu 29 Juli 2018 dilokai pembukaan kantor baru UEM di kompleks Kantor Pusat GKPS Jalan Pdt J Wismar Saragih, dan memberi tanda @unitedinmission #uem

 

 Meninggal Karena sakit

Kepergian senator Sumut, Pendeta (Pdt) WTP Simarmatar meninggalkan duka yang mendalam bagi sejumlah kerabatnya. Tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) yang pernah menjadi pucuk pimpinan gereja protestan terbesar di dunia gereja bernama Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) tersebut dikenal sebagai pribadi yang humanis.

Pendeta WTP Simarmata meninggal dunia pada Jumat (17/6/2022), sekitar pukul 17.30 WIB karena sakit. Kondisi kesehatannya sejak dua minggu belakangan ngedrop, sehingga harus dirawat di RS Colombia Medan. Di rumah sakit inilah WTP menghembuskan nafas terakhirnya.

Pendeta WTP Simarmata lahir pada 4 Juli 1954. Almarhum meninggal pada usia 68 tahun. Selain pernah menjabat sebagai Ephorus HKBP dan anggota DPD RI, WTP Simarmata juga pernah menjabat Ketua Umum PGI Wilayah Sumatra Utara.

Ia menyelesaikan studinya di salah satu universitas di Filipina dan merupakan kader terbaik Ephorus Emeritus almarhum Dr SAE Nababan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.