Header Ads



Bangku Letjen Sudi Silalahi Masih Ada di SMP Negeri 1 Tanah Jawa, Alumni Diajak Berkontribusi

SIMALUNGUN, Kenangan yang sangat bersejarah di SMP Negeri 1 Tanah Jawa, huta Balimbingan  kabupaten Simalungun, sebab disekolah ini masih ada bangku gandeng yang diketahui pernah diduduki almarhum Letjen Sudi Silalahi saat menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Tanah Jawa Huta Balimbingan kabupaten Simalungun.

LIHAT JUGA Bangku Sekolah Letjen Sudi Silalahi Masih Ada di SMP Negeri 1 Tanah Jawa Simalungun

Guru dan Alumni SMP Negeri 1 Tanah Jawa Menunjukan Kursi Gandeng yang Diketahui Pernah Diduduki Alm. Letjen Sudi Silalahi.

Riduan Siagian, SPd alumni tahun 1984 SMP Negeri 1 Tanah Jawa yang juga mengabdi sebagai guru disekolah itu mengatakan, sekolah yang cukup bersejarah itu kini membutuhkan polesan agar tampak lebih baik lagi.

"Ada beberapa tempat yang harus dipoles (perbaiki) agar sekolah ini tampak lebih baik lagi, dan kami bangga sebagai alumni di tempat ini. Apalagi dari sekolah kami ini "lahir" seorang Menteri dengan pangkat Letnat Jenderal yaitu Sudi Silalahi,"kata Riduan Siagian, Rabu (22/6/2022) saat redaksi bertandang ke SMP Negeri 1 Tanah Jawa kabupaten Simalungun menunjukan kursi-kursi gandeng yang masih kokoh dan diketahui pernah diduduki Sudi Silalhi saat menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Tanah Jawa.

Ketika ditanya apa saja yang perlu dipoles sekolah SMP Negeri 1 Tanah Jawa,  Riduan Siagian menjelaskan, bahwa dulunya almarhum Sudi Silalhi pernah meletakan batu pertama Perpustakaan, tapi ada kendala dan ada perubahan.

"Ada pernah juga ketika almarhum Sudi Silalahi masih menjabat mau membangun perpustakaan, pundasinya sudah ada, tapi ada perubahan. Akhirnya bagunan berubah fungsi. Dan saat ini yang mendesak adalah lantai atau lapangan sekolah yang terlihat becek, demikian juga ruang utama (hall) yang sifatnya masih darurat,"jelasnya.

BACA JUGA  Wujudkan Merdeka Belajar, SMP Negeri 1 Tanah Jawa Pentaskan Bakat Siswa, Ada Marharoan Bolon

 

Hal ini juga diamini Alfred Sianturi mantan guru sejak tahun 1977 menambahkan, sudah banyak alumni yang berhasil ditempat ini, sekolah ini dilihatnya sebagai sekolah model yang membangkitkan anak-anak desa untuk dapat maju sebagai pejabat dan tokoh nasional.

"Sekolah ini memang didesa, tapi semangat untuk maju ada disekolah ini, sudah terbukti dari sekolah ini ada jenderal, ada Menteri, ada pengusaha dan bahkan anggota DPRD, dokter spesialis,"ucap guru yang sudah 36 tahun mengabdi di SMP Negeri 1 Tanah Jawa, mengajak agar alumni berkontribusi untuk memajukan sekolah.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah Paimin Tanjung, SPd, MPd mengatakan, akan terus memelihara kursi gandeng yang diketahui pernah diduduki Letjen Sudi Silalahi.

"Saya sebagai kepala sekolah bangga, ternyata kursi-kursi ini masih terpelihara dengan baik. Kedepan saya akan memoles kursi bersejarah ini (kursi Sudi Silalahi) dalam satu ruangan khusus, sehingga nilai sejarahnya lebih baik lagi, demikian juga saya harapkan para alumni dapat mewujudkannya, karena semangat dari alumnilah membangkitkan semangat belajat bagi siswa yang saat ini belajar di SMP Negeri 1 Tanah jawa, semoga,"ucap paimin Tanjung saat ini berusaha membangkitkan  bakat dan minat siswa dalam program Meerdeka belajar.

LIHAT JUGA Guru dan Siswa SMP Ngeri 1 Tanah Jawa Kompak Manortor

KLIK VIDIO Siswa SMP Negeri 1 Tanah Jawa menyanyikan Tarian Marharuan Bolon

Hadir dalam pertemuan itu, Alfred Sianturi mantan guru sejak tahun 1977, Mariani Saragih, SPd guru yang juga alumn 1983, Erniati Samosir (Guru /alumni 2010), Lastri Gea (Guru/alumni 2013). Adapun para alumni yang pernah memberi kontribusi adalah Juarsa Siagian (alumni) anggota DPRD Simalungun, Dr Amran Simanjuntak Spesialis di Adam Malik, Arthur Donal Hutagalun pejabat Bank Mandiri, Sarmauli Sinaga (pengusaha) di sumatera Utara, Raja Guguk (Pengusaha RG.Motor) Simalungun, dan lainnya.

Seperti diketahui Almarhum Sudi Silalahi pernah menduduki berbagai jabatan termasuk sebagai Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dari 22 Oktober 2009 sampai 20 Oktober 2014. 

 Sudi Silalahi lahir di Tanah Jawa - Simalungun 13 Juli 1949. Beliau merupakan anak dari pasangan Abdul Aziz Silalahi da Kartonah seorang kepala Desa dulunya. Sudi alumni dari Akabri tahun 1972 dengan pangkat Letnan Jenderal dan meninggal pada 25 Oktober 2021 di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat).tag/t

LIHAT JUGA  Demi Kabupaten Simalungun, Radiapoh Tidak Keberatan Disebut Bupati “Tumin”


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.