Header Ads



Kadis Pariwisata: Masuk Objek wisata Aek Sijorni Tak Dipungut Bayaran

TAPSEL, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) memastikan masuk ke objek wisata Aek Sijorni tidak akan dipungut bayaran alias gratis.

LIHAT JUGA  Makam Islam dan Kristen Satu Tempat, Raja Siantar Ke-15 di Makamkan Disini

Objek wisata Aek Sijorni /IST

"Bila ada kutipan liar terhadap pengunjung di luar sepengetahuan silahkan lapor kami," tegas Kadis Pariwisata Tapsel, Abdul Saftar, Sabtu (7/5/2022).

Terkecuali pengunjung ingin memasuki wahana waterboom di area Aek Sijorni dan beberapa lokasi air terjun di lahan tanah masyarakat.

"Kalau pengunjung melintasi fasilitas  bangunan seperti jalan rabat beton maupun melewati jembatan gantung dibangun pemerintah, jelas gratis," katanya.

Ada tiga unit jembatan melintang di atas Sungai Batang Angkola untuk akses keluar masuk pengunjung wisata Aek Sijorni. Satu bangunan pemerintah dua nya lagi swasta satu tidak dioperasikan karena konstruksi.

Sementara lahan area wisata Aek Sijorni yang berlokasi dekat pinggir Jalur Jalan Lintas Sumatera di Kecamatan Sayur Matinggi  itu bukan milik pemerintah. Tetapi rata-rata milik masyarakat.

"Karenanya pengunjung yang datang terkadang dikenakan Rp2 ribu rupiah per orang oleh si pemilik tanah. Kita (pemerintah) tak bisa intervensi jauh soal itu," ujarnya.

Sisi lain, selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 sejumlah petugas Dinas Pariwisata ekstra ketat memantau pengunjung wisata Aek Sijorni yang begitu ramai. Termasuk mewajibkan memakai masker.

"Pemkab Tapsel mulai Dinas Pariwisata, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan bergabung dengan petugas dari unsur TNI, Polri saling menjalankan tugas pokok fungsi nya masing-masing," sebut nya.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, kata Saftar, menekankan kepada seluruh aparat nya yang tergabung dalam Operasi Ketupat Toba 2022 untuk dapat bekerja maksimal demi memberi pelayanan prima kepada masyarakat selama Lebaran.

"Artinya agar bagaimana masyarakat Tapsel umumnya pendatang apalagi selama Lebaran dapat merasakan kehadiran pemerintah itu betul-betul memberi arti dan manfaat," kata Saftar sembari menutup sambungan telepon nya. antara/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.