Header Ads



Paskah Oikumene Pematangsiantar 11 Mei, Prosesi Jalan Salib 15 April 2022

SIANTAR, Panitia Perayaan Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar Tahun 2022, melaksanakan rapat koordinasi, membahas persiapan  perayaan Paskah Oikumene Kota Pematangsiantar yang rencananya akan dilaksanakan dalam 2 agenda kegiatan.

BACA JUGA  Pemakaman Edy Sinaga Kadis Lingkungan Hidup Simalungun di Batu 8 Siantar, Ini Vidionya

Panitia Paskah Paskah Oikumene Pematangsiantar Tahun 2022

Acara pertama yaitu acara Jalan Salib yang akan dilaksanakan pada Jumat (15/4/2022) mendatang.

Perayaan jalan salib nantinya, dengan melakukan Arak-arakan pembawa salib dari Lapangan Universitas HKBP Nommensen Kota Pematangsiantar, menuju Lapangan Pariwisata Kota Pematangsiantar.

Dan untuk perayaan Paskah, direncanakan pada tanggal 11 Mei 2022 mendatang. 

Rapat koordinasi ini, dihadiri AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, S.I.K, selaku Ketua Umum Panitia, Pdt. Rosininta Hutabarat, Hendra Simanjuntak, M.Pd, Ketua GAMKI Pematangsiantar yang juga Sekretaris Panitia, dan beberapa Panitia Inti dan masing-masing koordinator masing-masing seksi. 

Hendra Simanjuntak selaku Ketua GAMKI Kota Pematangsiantar dan juga penanggungjawab dalam kegiatan Jalan Salib mengatakan "Ada beberapa sasaran yang menjadi tujuan kegiatan ini. Salah satunya adalah refleksi perjalanan Tuhan Yesus, dan juga ingin merajut kembali satu hal yang “hilang” dari kota ini yaitu sebagai kota toleransi".

“Karena memang, Kota Pematangsiantar dalam beberapa tahun belakangan, terlengser dari kota toleransi di Indonesia,”ungkapnya, disela-sela rapat koodinasi, Selasa sore (12/4/2022), di Siantar Hotel. 

Sementara, Kapolres Pematangsiantar selaku Ketua Umum, menyampaikan "Saya berharap tidak terjadi kemacetan, dan tidak terjadi penutupan jalan yang bisa membuat masyarakat menjadi marah dan untuk itu, saya harap Dinas Perhubungan dapat bekerja sama dengan kami dalam pengamanan".

Menanggapi Kapolres, Plt. Kadis Perhubungan Kota Pematangsiantar, Dra. Kartini Batubara, MM, menyampaikan "Kami siap untuk bekerjasama, dan segera kami akan berkoordinasi dengan Kasat Lantas Pematangsiantar. Dan terkait dengan jalan, mungkin kami akan melakukan pengalihan jalur, sehingga masyarakat tetap dapat melakukan aktivitas dengan lancar."

Turut hadir dalam rakor ini, Ketua-ketua Organisasi Lintas Agama diantaranya Ansor, PMII, GMKI, dan PMKRI. 

Ketua Ansor Pematangsiantar juga menyampaikan, bahwa Ansor siap mendukung kegiatan Jalan Salib nantinya, dan siap bekerja sama dengan Polres Pematangsiantar, Satpol PP, dan Dishub Pematangsiantar.

Tetapi dalam beberapa hal, misalnya saat ibadah, mereka tidak dapat ikut masuk untuk membantu, ujarnya. tag/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.