Header Ads



Musrenbang di Siantar Barat, Susanti Dewayani Yakin Siantar Bersih, Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

SIANTAR, Plt. Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, Sp.A, membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantar Barat Tahun 2022, di Aula Kantor Lurah Proklamasi, Jalan WR. Supratman Kota Pematangsiantar, pada Selasa (15/3/2022) sore, pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA  VIRAL di Medsos Tentang Pungli di LAPAS, Lembaga Investigasi dan Advokasi Publik Surati Kalapas

Plt. Wali Kota Pematangsiantar Membuka Musrenbang di Kecamatan Siantar Barat

Camat Siantar Barat, Pardomuan Nasution, SS, M.SP dalam laporannya menyampaikan “Kegiatan Musrenbang ini didasari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Nasional dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengatur tentang Mekanisme Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan. Perumusan prioritas pelaksanaan program atau kegiatan dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip partisipatif melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan. Kemudian setiap usulan aspirasi harus selaras dengan visi dan misi dan program unggulan Wali Kota Pematangsiantar”.

Adapun visi dan misi Plt. Wali Kota Pematangsiantar, lanjutnya, yaitu Bangkit dan Maju, sehingga nantinya akan lebih memudahkan terwujudnya Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas, tutup Camat Siantar Barat.

Sementara, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar yang disampaikan Ilhamsyah Sinaga menyampaikan “Ini adalah Musrembang Kecamatan yang kedua dan perlu kita ketahui, bahwasanya visi misi Pemerintah Kota yang lalu adalah Siantar Mantap, Maju dan Jaya, namun sekarang menjadi Sehat, Sejahtera dan Berkualitas”.

Menurutnya, dalam visi dan misi tersebut adalah dari sehat kita akan menjadi sejahtera dan kalau sudah sejahtera, kita tentunya berkualitas, tuturnya seraya mengharapkan kiranya didalam Musrenbang Kecamatan ini dapat menghasilkan program – program yang berkualitas dan menyentuh langsung kepada masyarakat Kota Pematangsiantar.

Lalu, Plt. Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani, Sp.A, saat membuka secara resm Musrenbang Kecamatan Siantar Barat Tahun 2022, mengatakan “Musrenbang dijadikan sebagai instrumen untuk memadukan pola perencanaan pembangunan dari top down dan bottom up secara berjenjang, dimulai tingkat Kelurahan sampai dengan tingkat Nasional yang bermuara kepada penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun anggaran berikutnya”.

Pada Musrenbang Kecamatan ini, katanya, seluruh hasil Musrenbang Kelurahan tersebut akan dipresentasikan kembali dengan tujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kota.

“Maka dari itu, kami perlu tegaskan bahwa hasil Musrenbang Kecamatan akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah. Hasil Musrenbang jangan hanya berupa daftar usulan kegiatan, tetapi sudah merupakan daftar skala prioritas. Dengan pengertian, bahwa setiap kegiatan merupakan bagian dari upaya penyelesaian permasalahan dan isu strategis untuk mencapai visi, terwujudnya Kota Pematangsiantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas. Dalam menetapkan skala prioritas hendaknya disesuaikan dengan rumusan target sasaran pembangunan sesuai dengan visi dan misi,”ungkapnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan, dimana setelah dilakukan telaah terhadap visi dan misi, kemudian diintegrasikan dan diselaraskan dengan prioritas Provinsi dan prioritas Nasional, maka prioritas Pembangunan Kota Pematangsiantar untuk Tahun 2023 adalah :

1.Peningkatan kualitas sumber daya manusia.

2.Peningkatan pertumbuhan ekonomi.

3.Peningkatan tata kelola pemerintahan.

4.Peningkatan infrastruktur dan lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Plt. Wali Kota Pematangsiantar  juga menyampaikan bahwa Kota Pematangsiantar juga telah menggalakkan program LISA (Lihat Sampah Ambil) dan pindahkan ke tempat sampah.

Ini diprogramkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan kebersihan dan membentuk karakter masyarakat. Jika hal ini bisa membudaya, Susanti Dewayani yakin, Kota Pematangsiantar menjadi Bersih, Sehat, Sejahtera dan Berkualitas. rel/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.