Header Ads



Jokowi: Seluruh Kekuatan Ada di Lokasi Erupsi Semeru

LUMAJANG, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh kekuatan yang dimiliki pemerintah telah dikerahkan di lapangan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru.

"Pagi hari ini, saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi," kata Jokowi saat melakukan tinjauan di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Sejumlah petugas dan personel TNI, Polri mengevakuasi korban jiwa akibat guguran awan panas Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Senin, 6 Desember 2021. (Foto: Beritasatu Photo/Mas Agung Wilis Yudha Baskoro)

Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau lokasi pengungsi untuk memastikan para pengungsi tertangani dengan baik, mulai dari makanan, kesehatan hingga kebutuhan air bersih.

"Kemudian, tadi di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa dengan pengungsi tertangani dengan baik, yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan pemerintah akan menyusun rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung Semeru ini.

"Kita berharap setelah nanti reda, semuanya bisa dimulai baik yang berupa perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali," terang jokowi

"Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap," lanjut Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal akibat bencana tersebut.

"Pertama-tama atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya sampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan gunung Semeru di kabupaten Lumajang Provinsi Jawa timur," ucap Jokowi.

Perjalanan Jokowi untuk menuju lokasi bencana dilalui dengan perjalanan udara. Setelah menempuh penerbangan selama 30 menit dari Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, Presiden dan rombongan terbatas tiba di Helipad Stadion Srikandi, Kelurahan Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Selasa 7 Desember 2021 pukul 09.30 WIB.

Presiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta.

Selanjutnya, Jokowi melanjutkan perjalanan. Tiba di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang Presiden Jokowi bertemu pengungsi, melihat dapur umum, meninjau Posko Pelayanan Kesehatan, bertemu anak-anak, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.beritasatu/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.