Header Ads



1 Warga Selayar Luka Berat Akibat Gempa NTT, 5 Luka Ringan

NTT, Enam warga Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dilaporkan mengalami luka-luka terkena reruntuhan bangunan akibat gempa dengan Magnitudo 7,4 yang berpusat di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, empat orang warga di Kecamatan Pasilambena, Kepulauan Selayar, mengalami luka ringan dan berat; dua orang warga Kecamatan Pasimarannu mengalami luka ringan.


Kerusakan di Kepulauan Selayar, Sulsel, akibat gempa M 7,4, Selasa (14/12). (Foto: Arsip BNPB)

"Iya benar, ada lima orang warga luka ringan dan satu orang lagi luka berat karena lengannya patah akibat dampak gempa tadi," kata Plt BPBD Sulsel, Muhammad Firda kepada CNNIndonesia.com, Selasa (14/12) malam.

Selain itu, Firda menyebut akses komunikasi terputus di dua desa di Kecamatan Pasilambena, yakni Desa Garaupa dan Desa Garaupa Raya.

"Saat ini, berdasarkan informasi di dua desa itu masih terputus jaringan komunikasi di sana," ujar dia.

Hingga malam, Firda juga mengungkap 345 rumah warga mengalami kerusakan, baik ringan maupun parah, di empat kecamatan. Yakni, Pasilambena, Pasimarannu, Takabonerate, dan Pasimasunggu.

"Akibat dampak kejadian gempa itu beberapa rumah warga rusak berat dan ringan di beberapa desa," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Firda pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap dampak dari gempa di Larantuka, NTT yang terjadi siang tadi.

Sementara, Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam siaran persnya, Selasa (14/12) malam, menyebut gempa NTT membuat tujuh orang terluka. 

"Yang mana 6 orang adalah warga Kabupaten Kepulauan Selayar dan 1 orang warga Kabupaten Manggarai di NTT," ucapnya.

Menurut laporan dari BPBD Kabupaten Sikka, lanjutnya, ada 770 warga Kabupaten Sikka yang mengungsi akibat gempa. Rinciannya, 320 orang mengungsi di Kantor DPRD Kabupaten Sikka, kemudian 150 orang di Gedung SIC dan 330 lainnya di Aula Rumah Jabatan Bupati Sikka di NTT.

Soal kerusakan rumah, Abdul menyebut jumlahnya mencapai 346 unit.

Sebelumnya, gempa dengan Magnitudo 7,4 yang berpusat di Larantuka, NTT, terasa hingga sejumlah wilayah. Peringatan dini tsunami dikeluarkan. Sejauh ini, tsunami kecil terdeteksi di dua lokasi di NTT. CNN/t


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.