Header Ads



Ketahanan Pangan, Kopda Misriyono Ajari Petani Memupuk dalam Tiga Tahap

LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Pemupukan tanaman Jagung di Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai oleh petani didampingi Babinsa Koramil 07/Perbaungan Kopda Misriyono, dilahan milik Rijal anggota Kelompok Tani Maju Bersama, dengan luas lahan tanaman jagung 5350 meter, Rabu (22/03/2017).


Kopda Misriyono bersama pemilik lahan Jagung melaksanakan pemupukan bertujuan agar para petani jagung lebih giat dan semangat dengan adanya babinsa turun ke ladang petani, dengan memberikan motivasi dalam bercocok tanam jagung.

“Pemupukan tanaman jagung yang berumur 14 hari ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh subur. Tanaman jagung memang sangat cocok sebagai pengganti saat musim kemarau. Apa lagi jagung juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi di pasaran. Terlebih lagi, tanaman jagung tidak terlalu membutuhkan tenaga lebih dari petani yang menanamnya untuk memberikan asupan air,”kata Misriono.

Lanjut Misriono, Himbauannya kepada petani menyarankan untuk dosis pemupukan jagung, setiap hektarnya untuk pupuk Urea sebanyak 200-300 kg, pupuk TSP/SP 36 sebanyak 75-100 kg, dan pupuk KCl sebanyak 50- 100 kg. Pemupukan dapat dilakukan dalam tiga tahap.

Pada tahap pertama (pupuk dasar), pupuk diberikan bersamaan dengan waktu tanam. Pada tahap kedua,pupuk diberikan setelah tanaman jagung berumur 3-4 minggu setelah tanam. Pada tahap ketiga, pupuk diberikan setelah tanaman jagung berumur 8 minggu .

“Harapan Babinsa dengan hasil panen petani dapat menghasilkan yang memuaskan.Petani berharap agar pemerintah juga mendukung terutama pendistribusian pupuk bersubsidi benar-benar tepat sasaran langsung dapat didistribusikan ke para petani, untuk menunjang hasil panen yang melimpah,”ungkap Misriono bangga petani semakin giat bertani setalh ada pendampingan Babinsa.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.