Header Ads



Bajak Sawah Petani, Sertu A. Purba : Ini Sudah Menjadi Tugas dan Tanggung Jawab Kami

LINTAS PUBLIK – ASAHAN, Pada pengolahan lahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

SertuA. Purba membajak sawah Petani di Air Putih kabupaten Asahan
Inilah yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Air Putih Jajran Kodim 0208/Asahan. Babinsa Sertu A. Purba ikutserta melakukan pendampingi petani membajak sawah milik Madi, anggota Kelompok Tani Makmur dengan luas lahan yang diolah 11 rante, di Dusun lV Desa Berohol Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Senin (20/03/2017).

Pembajakan sawah dilakukan Sertu A. Purba menggunakan alat bajak untuk menggemburkan sawah seluas 11 rante, dengan bantuan Hand Tracktor, hal pendampingan ini dilakukan, mendukung swasembada pangan, dengan ini Babinsa selalu terjun ke lapangan utuk melakukan pendampingan terhadap petani.

Pada kesempatan itu Sertu A. Purba mengungkapkan, kegiatan membantu petani membajak sawah adalah bentuk keseriusan dan kepedulian, sebagai Babinsa dalam mendampingi para petani dalam bercocok tanam, untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi, terutama selalu melakukan koordinasi dengan PPL serta Ketua Gapoktan agar tugas di lapangan dapat berjalan lancar khususnya progam pertanian,

“Ini (dampingi Petani) sudah menjadi tugas dan tanggung sebagai seorang Babinsa untuk melaksanakan pendampingan di tengah masyarakat, terutama membantu petani membajak sawah,”ujar Sertu A. Purba.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.