Header Ads



Terlalu Lama Bertanya, Sylvi Ditegur Moderator Debat

LINTAS PUBLIK, Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Sylviana Murni, ditegur moderator debat, Tina Talisa, karena melewati batas waktu yang ditentukan saat bertanya kepada pasangan cagub-cawagub nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sebelum bertanya kepada Anies-Sandi, Sylvi terlebih dahulu menjelaskan hasil survei yang menyatakan bahwa 98 persen warga tidak dilibatkan dalam pembuatan produk hukum.

Dia juga menjelaskan beberapa produk hukum tersebut. Sebelum Sylvi selesai menyampaikan pertanyaannya, waktu telah habis.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni saat mengikuti debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1/2017).
Sylvi kemudian mencoba menyampaikan pertanyaannya. Namun, Tina langsung menegur. Penonton yang hadir terdengar riuh.

"Sekali lagi, paslon satu, silakan kembali ke tempat, waktunya tidak bisa ditambah," ujar Tina kepada Sylvi.

Anies kemudian mempertanyakan pertanyaan yang dimaksud Sylvi. Namun, dia menyebut mengerti maksud Sylvi.

"Jadi pertanyaannya? Penjelasannya panjang, pertanyaannya enggak keluar, tetapi saya tahu maksudnya," kata Anies.

Ia kemudian menjelaskan bahwa warga harus dilibatkan, baik dalam pembuatan produk hukum maupun pengambilan kebijakan.

Sebabnya, warga merupakan pemilik Jakarta. Pemimpin harus berinteraksi dengan warganya.
"Di dalam penyusunan-penyusunan itu harus secara sistematis agar tiap RT, RW, kelurahan, ada mekanisme rembuk. Ada banyak kepentingan, karena itu semua perlu rembuk," ucap Anies.

Ada dua komponen yang diperlukan untuk rembuk, lanjut Anies, yakni fasilitator yang memfasilitasi pertemuan dan pakar di bidangnya masing-masing untuk memberikan contoh.

Hal itulah yang akan dilakukan Anies jika terpilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017. "Warga terlibat, ada fasilitator, ada yang memberi contoh," kata dia.

Pasangan Sylvi, cagub nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono, kemudian menanggapi pernyataan Anies dengan menjelaskan program pemberdayaan komunitas RT/RW yang akan dia jalankan.

Menurut Agus, selama ini warga tidak dilibatkan dalam pembangunan Jakarta.

"Sejatinya mereka (warga) adalah subyek. Dengan pemberdayaan komunitas RT/RW, melibatkan mereka secara aktif, mereka yang tahu lingkungannya. Itulah mengapa kami ingin menghadirkan paradigma pembangunan yang partisipatif," tutur Agus.

Senada dengan Agus, Anies menyatakan bahwa pelibatan warga tidak dilakukan di Jakarta. Anies ingin pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat dan semua pihak untuk membangun Jakarta.

"Otoritas ada di gubernur, tetapi prosesnya melalui institusi, dengan prosedur yang jelas dan teratur," kata Anies.(*)


Sumber   : tribun/t

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.