Header Ads



Di Desa Lou Rampah, Petani Semangat Bekerja Karena Didampingi Babinsa

LINTAS PUBLIK – BATU BARA ,Babinsa Koramil 06/ MB jajaran Kodim 0209/Labuhan Batu Serka Irwanto beserta 2 orang anggota lainnya melanjutkan penyiangan dan pendangiran tanaman jagung dan kacang kedelai usia tanam 2 minggu milik petani Galangsi di Desa Lobu Rampah.

Dengan adanya program ketahanan pangan nasional secara serentak para Babinsa diturunkan untuk mengimbau, memantau, membantu para petani untuk meningkatkan hasil pangan nasional. Sebelum terjun langsung kepetani para Babinsa dibekali terlebih dahulu ilmu/penataran-penataran pertanian yang diselengagarakan satuan atas, agar tahu seluk beluk pertanian.Jumat(27/1/17).

Serka Irwanto beserta anggota lainnya melakukan  pendangiran tanaman jagung dan kacang kedelai
 usia tanam 2 minggu milik petani Galangsi di Desa Lobu Rampah
“Salah satu upaya peningkatan produktivitas guna mendukung program ketahanan pangan nasional terutama tanaman jagung adalah penyediaan air yang cukup untuk pertumbuhan tanaman. Menyiasati hal tersebut, pengelolaan air harus diusahakan secara optimal, yaitu tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran, sehingga efisien dalam upaya peningkatan produktivitas maupun perluasan areal tanam dan peningkatan intensitas pertanaman,” ujar Serka Irwanto saat ditemui sedang membantu petani mengairi tanaman jagung serta menerangkan teknis perawatan tanaman jagung.

Selain itu, antisipasi keringan tanaman akibat ketidakcukupan pasokan air hujan perlu disiasati dengan berbagai upaya, antara lain pompanisasi. Jagung merupakan tanaman dengan tingkat penggunaan air sedang, berkisarantara 400-500 mm (FAO 2001). Namun demikian, budidaya jagung terkendala tersedianya air dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Galangsi juga merasakan atas kehadiran Babinsa sehingga menimbulkan semangat untuk lebih giat lagi dalam pertanian, harapan kedepan kerjasama ini dilanjutkan dan disempurnakan sehingga dengan pendampingan apabila ada kendala dari petani dilapangan segera bisa disampaikan untuk dicarikan solusinya dan jalan keluar.

“Kami bertambah semangat bertani, karena ada masukan dari TNI, sehingga kemdala-kendala dalam pertanian dapat teratasi,”ujar Galangsi danya ketersediaan pupuk dan obat-obatn yang memadai.


Penulis : franki/rel


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.