Header Ads



Hama Ulat Putih dan Keong, Petani Kuala Bingai Pakai Rebusan Tembakau

LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Babinsa Koramil 07/Stabat jajaran kodim 0203/Langkat Serda Arifin Lubis melaksanakan pendampingan pengecekan ulat daun pada tanaman jagung bisi 18 seluas 5 rante di Kelurahan Kuala Bingai Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Selasa (24/1/17).

Sebelum pengecekan lahan persawahan yang telah disemprot beberapa hari yang lalu Babinsa serta ketua kelompok tani telah dilaksanakan sosialisasi tentang penangkalan ulat daun yang menindas tanaman padi saat ini dan bagai mana cara penyemprotan yang baik dan benar supaya hama daun cepat musnah dan tidak mengenai lahan sawah sebelahnya.



Serda Arifin Lubis mengungkapkan dalam sosialisasi yang dilanjutkan dengan tanya jawab itu diperoleh informasi bahwa saat ini beberapa tanaman padi sawah kelompok tani Sejahtera Meriah sedang diserang hama ulat putih yang menempel di daun padi dan juga telur keong mas.

“Ada ulat yang menempel di ulat putih yg menempel di daun padi dan juga telur keong mas,”ujar Arifin Lubis.

Selanjutnya Serda Arifin Lubis serta pihak PPL menjelaskan bahwa hama tersebut tidak menggagalkan hasil panen, tidak seluruh petak sawah terdapat ulat dan telur keong Mas, sehingga petani tidak perlu cemas dengan keberadaannya.

“Hama tersebut bisa kita basmi secara organik dengan menggunakan pestisida nabati yang dapat dibuat sendiri oleh petani dari bahan rebusan air tembakau dan disemprotkan ke padi yang terserang hama dan tidak perlu menggunakan pestisida sintetis/kimia,” ungkapnya.


Penulis   : franki/rel

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.